FROM THE MEDIA

BPK Ingin Percepat Pemeriksaan Kerugian Negara

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadwalkan rapat koordinasi dengan lembaga penegak hukum pada hari ini untuk menyimpulkan langkah konkret pencegahan tindak pidana dalam pengelolaan keuangan negara, sekaligus percepatan pemeriksaan indikasi kerugian negara.

"Ada keluhan terkait kecepatan pemeriksaan dari permintaan penegak hukum. Kami perlu cari ruang untuk koordinasi agar pencegahan tindak pidana dan juga percepatan pemeriksaan dari permintaan penegak hukum bisa terjadi," ujar Sekjen BPK Hendar Ristriawan di Jakarta, kemarin. Hendar menyebutkan, rapat koordinasi hari ini juga merupakan lanjutan dari rakor sebelumnya pada 11 Agustus 2014.

Untuk mendefinisikan kerugian negara, BPK juga akan membahas ruang lingkup kajian kerugian negara yang disebabkan tindak pidana, kerugian negara yang disebabkan malaadministrasi, juga kerugian negara akibat buruknya pengelolaan BUMN. Hendar menambahkan, BPK dan aparat penegak hukum akan mengkaji lebih dalam soal banyaknya entitas dengan opini wajar tanpa pengecualian, tapi ternyata tersangkut kasus korupsi.

Media Indonesia

Bagikan konten ini: