INTOSAI-IDI

cat_name : INTOSAI-IDI | pagetitle : | page_title_id : | sub_name : | subtitle : | sub_title_id :

IDI (INTOSAI Development Initiative) adalah badan yang dibentuk untuk mendukung kegiatan strategis Organisasi Internasional Badan Pemeriksa Se-dunia (INTOSAI) dan mendukung SAI di negara-negara berkembang, untuk meningkatkan kinerja, kemandirian, dan profesionalisme secara berkelanjutan. IDI dibentuk pada Kongres INTOSAI (INCOSAI) tahun 1986 yang diorganisir oleh SAI Kanada dari tahun 1986 hingga 2000. Selanjutnya, IDI dikelola oleh SAI Norwegia (Office of the Auditor General of Norway) sejak 2001. Dalam pelaksanaan kegiatannya, IDI secara aktif berkolaborasi dengan INTOSAI yang memiliki organisasi regional dan working group.

IDI memberikan dukungan kepada SAI dengan memfasilitasi berbagai kegiatan, yaitu (i) implementasi standar internasional ISSAI (ii) Pengembangan kapasitas staf secara kelembagaan, organisasi dan profesional, (iii) Berbagi pengetahuan dan implementasi praktik-praktik yang baik/international best practices, serta (iv) meningkatkan dan memberikan dukungan  bagi SAI melalui kemitraan dengan para pemangku kepentingan. Dengan menggunakan pendekatan berdasarkan kebutuhan masing-masing SAI, IDI memfasilitasi inisiatif pengembangan SAI di tingkat global, regional, subregional dan local SAI; termasuk dukungan bilateral berdasarkan kebutuhan SAI.

Selain memberikan program pengembangan kapasitas dan sebagai sekretariat Kerjasama Donor-INTOSAI, IDI juga merupakan pakar dan pusat informasi tentang audit sektor publik bagi lembaga donor, SAI dan pemangku kepentingan lainnya; serta memfasilitasi forum berbagi pengetahuan dalam komunitas INTOSAI.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah aktif terlibat dalam berbagai program pengembangan kapasitas yang difasilitasi oleh IDI. Sejak 2009, BPK telah berpartisipasi dalam Program sertifikasi ASOSAI IDI Training Specialist dan saat ini terdapat 7 IDI Certified ISSAI Facilitator di BPK. Pada 2013 hingga 2016, BPK juga aktif berpartisipasi dalam program ISSAI facilitator dan 6 pegwai BPK berhasil mejadi IDI Certified ISSAI Facilitator. Pencapaian lainnya adalah pengakuan IDI terhadap 2 pegawai BPK sebagai eLearning Specialist serta Administrator LMS dari Program IDI-certified eLearning Specialists and Blended Learning Specialist yang diadakan pada 2016 - 2017. Saat ini, mereka masih terlibat aktif sebagai narasumber dalam merancang, mengembangkan dan mengevaluasi metode yang terkait dengan pendekatan e-Learning di wilayah ASOSAI dan organisasi regional lainnya. Selain keterlibatan pada berbagai program tersebut, beberapa pejabat BPK juga telah bergabung sebagai resource person yang bekerja untuk kantor IDI. Sejak 2010 hingga sekarang, BPK memiliki dua pejabat senior yang ditugaskan sebagai Manajer Program di Kantor IDI di Oslo, Norwegia. Pada tahun 2020 ini, BPK juga memiliki seorang pegawai muda yang bekerja sebagai Short Term Resource Person untuk IDI.