PUSAT INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Pusat Informasi dan Komunikasi BPK RI merupakan tempat/sarana pengelolaan dan pelayanan informasi publik BPK RI sebagai langkah pemberlakuan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

A. PERSYARATAN

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemohon informasi publik untuk memperoleh informasi publik adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Mengisi Formulir Permintaan Informasi;
  3. Menunjukkan identitas diri (KTP/SIM/ID Card) dan melampirkan photocopy identitas diri;
  4. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik dengan mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  5. Jika berasal dari Instansi/Lembaga maka harus menyertakan surat permohonan tertulis dari Instansi/Lembaga yang bersangkutan terkait tujuan  permintaan data hasil pemeriksaan untuk menghindari penyalahgunaan data.

B. PROSEDUR

Dalam rangka pelayanan informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui PIK menyediakan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi publik ataupun dalam mengajukan pengaduan/keluhan melalui prosedur/mekanisme sebagai berikut:

Untuk mendapatkan informasi publik, perlu dilakukan pengisian formulir permintaan informasi publik. Ketentuan pengisian formulir permintaan informasi publik adalah sebagai berikut:

  1. Bagi pemohon informasi yang datang langsung, dapat mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan surat permintaan dan photocopy identitas diri (sesuai persyaratan).
  2. Bagi pemohon informasi yang melalui surat/e-mail, website, permintaan informasi dilampiri dengan scan / photocopy identitas diri, dan formulir permintaan informasi publik yang telah diisi (formulir tersebut dapat didownload), sesuai persyaratan, dan dikirim ke alamat sebagai berikut:
  • Kantor Pusat BPK RI

Pusat Informasi dan Komunikasi BPK RI (Gedung Arsip, Lt. 1)

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional
Jl. Gatot Subroto Kav. 31 Jakarta Pusat 10210
Telepon        : (021) 25549000 ext. 3912
Faksimili      : (021) 57950288
E-mail           : ksbhumas@bpk.go.id
Website        : www.bpk.go.id

  • Kantor Perwakilan BPK RI

Bagian Humas pada masing-masing Kantor Perwakilan BPK RI (alamat kantor Perwakilan tercantum dalam website BPK RI : www.bpk.go.id)

  • Alamat Surat:

PO BOX 4330 Jakarta 10043

C. WAKTU PELAYANAN INFORMASI

Waktu pemberian pelayanan informasi publik di BPK RI dilaksanakan pada hari kerja, yaitu Senin-Jumat dengan Jam Operasional sebagai berikut:

1. Senin – Kamis     :   09.00 – 15.00 WIB

     Ishoma                    :   12.00 – 13.00 WIB

2. Jumat                  :   09.00 – 15.00 WIB

     Ishoma                    :   11.30 – 13.00 WIB

D. PENGADUAN MASYARAKAT

E. PERMINTAAN INFORMASI

Unduh Formulir Permintaan Informasi disini

F. LAPORAN

» RESUME PELAYANAN INFORMASI PUBLIK BPK 2015

» Hasil Kuesioner Pelayanan PIK Semester II 2015

» Hasil Kuesioner Pelayanan PIK Semester I 2015

» Monitoring Pengaduan Masyarakat Tahun 2015

» Monitoring Permintaan Informasi Tahun 2015

» RESUME PELAYANAN INFORMASI BPK 2014

» Monitoring Pengaduan Masyarakat sampai Mei 2016

» Monitoring Permintaan Informasi sampai Mei 2016