BERITA UTAMA

Anggota VI BPK Serahkan LHP Semester II 2019 dan Entry Meeting Pemeriksaan Semester I Tahun 2020

JAKARTA, Humas BPK - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI Harry Azhar Azis menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun 2019 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penyerahan LHP tersebut, diserahkan langsung oleh Anggota BPK dengan didampingi oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI Dori Santosa kepada Inspektur Jenderal Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin, Inspektur Jenderal Kemenkes, Murti Utami serta Inspektur Utama BPOM, Elin Herlina di Kantor Pusat BPK, di Jakarta, Rabu (29/1).

Dalam sambutannya, Anggota BPK mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan hasil pemeriksaan tersebut, BPK masih menemukan permasalahan yang perlu mendapat perhatian. Diantaranya perhitungan formulasi alokasi DAK Kemenkes nonfisik Kabupaten/Kota belum seluruhnya menggunakan data terkini dan valid, dropping barang belum memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana penyimpanan dan media distribusi serta anggaran pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dari beberapa permasalahan yang muncul, BPK telah memberikan rekomendasi apa yang harus diperbaiki serta siapa yang berwenang untuk melaksanakan perbaikan tersebut. Rekomendasi yang diberikan bersifat konstruktif dan berguna untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam pemeriksaan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota BPK dan perwakilan kementerian/lembaga yang hadir melakukan Entry Meeting terkait pemeriksaan keuangan dan kinerja. Harry Azhar Azis berharap kepada entitas yang diperiksa agar dapat bekerja sama dengan para pemeriksa yang akan melakukan pemeriksaan. Sehingga para pemeriksa dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

Bagikan konten ini: