BERITA UTAMA

BPK Berbagi Pengalaman Pemeriksaan pada Organisasi Internasional kepada BAI Korea

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun menyambut kunjungan delegasi Board of Audit and Inspection (BAI) Korea di Kantor Pusat BPK di Jakarta, Kamis (4/7). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama bilateral melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman tentang pemeriksaan BPK pada organisasi internasional. Hal ini menegaskan komitmen kuat kedua institusi untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pemeriksaan sektor publik di negara masing-masing.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua BPK didampingi oleh Sekretaris Jenderal Bahtiar Arif dan Kepala Pusat Kemitraan Global Ikhtaria Syaziah. Sedangkan delegasi BAI dipimpin oleh Commissioner KIM Young-Shin didampingi oleh Director for External Audit of International Organization CHO Yangchan, Secretary to the Commissioner LEE Gyeonguk dan Secondee BAI untuk Secondment Program on Auditing International Organization di BPK KIM Sujin.

Dalam pertemuan ini, Ketua BPK menyampaikan apresiasi atas hubungan bilateral kedua institusi yang telah terjalin sejak tahun 2014 serta dukungan BAI melalui program pelatihan bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA).

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama bilateral antara BPK dan BAI yang telah terjalin sejak tahun 2014 dalam bidang pemeriksaan sektor publik," ujar Ketua BPK.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi, Sekretaris Jenderal BPK berbagi pengetahuan tentang pengalaman BPK dalam pemeriksaan pada organisasi internasional yang telah berlangsung sejak tahun 2015. Keterlibatan BPK pada organisasi internasional ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan BPK di tingkat nasional dan internasional. Saat ini BPK merupakan eksternal auditor pada International Maritime Organization (IMO), Inter-Parliamentary Unit (IPU), dan Coral Triangle Initiative for Corals, Fisheries and Food Security (CTI-CFF).

Kunjungan BAI Korea ke BPK diakhiri dengan jamuan ramah tamah bersama Wakil Ketua BPK Hendra Susanto, dilanjutkan dengan office tour untuk mengenalkan beberapa fasilitas yang menunjang pemeriksaan BPK. Kunjungan tingkat tinggi ini diharapkan menjadi tonggak peningkatan hubungan dan kerja sama BPK dengan BAI Korea, serta mendorong tata kelola yang baik, tidak hanya bagi Indonesia dan Korea, tetapi juga bagi wilayah Asia dan dunia secara luas.

Bagikan konten ini: