BERITA UTAMA

BPK Mempersiapkan Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Tematik Bidang Kesehatan dan Bidang Pendidikan

05 Juli 2019

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempersiapkan Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Tematik Bidang Kesehatan dan Bidang Pendidikan. Persiapan pemeriksaan pendahuluan tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Workshop Persiapan Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Tematik di lingkungan Auditorat Keuangan Negara (AKN) V dan AKN VI BPK, di Jakarta, pada Rabu (3/7).

Pada kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (3 s.d. 5 Juli) tersebut, Anggota V BPK, Isma Yatun hadir untuk membuka secara langsung sekaligus memberikan pengarahan kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Isma Yatun mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta yang terdiri dari pemeriksa di lingkungan AKN V dan AKN VI dapat berdiskusi mengenai apa yang harus dilakukan selama melaksanakan pemeriksaan pendahuluan. Sehingga pemeriksaan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya selalu berharap adanya sinergi dan koordinasi antara AKN V dan AKN VI yang terus terjalin dengan baik dan kuat. Sehingga kita dapat melaksanakan pemeriksaan ini dengan sebaik-baiknya, mulai dari penyusunan program pemeriksaan hingga penyusunan laporan,” ungkapnya.

Anggota V BPK juga menegaskan bahwa pemeriksaan kinerja tahun 2019 ini telah sejalan dengan Rencana Strategis BPK Tahun 2016 – 2020.

“Adapun tema yang diambil adalah Pemeriksaan Kinerja atas Pengelolaan Dana Bidang Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Pemeriksaan Kinerja atas Peningkatan Kualitas Pembelajaran dalam rangka Peningkatan Wajib Belajar 12 Tahun,” jelas Anggota V BPK yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) V BPK, Bambang Pamungkas.

Sementara itu, Tortama KN VI BPK, Dori Santosa dalam laporannya menyampaikan bahwa Workshop terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi sharing pengetahuan dari narasumber yang berasal dari para pemangku kepentingan dan sesi diskusi kelompok. Workshop ini dihadiri oleh sebanyak 200 orang, yaitu Penanggung Jawab, Wakil Penanggung Jawab, Pengendali Teknis, Ketua Tim dan Tim Pokja Pemeriksaan Kinerja Tematik.

Pemeriksaan kinerja ini akan melibatkan sekitar 627 pemeriksa yang terdiri dari pemeriksa di lingkungan AKN VI BPK dan pemeriksa dari 32 Perwakilan BPK, yaitu 18 Perwakilan BPK wilayah Timur serta 14 Perwakilan BPK wilayah Barat.