SIARAN PERS

BPK Sampaikan Pentingnya Peningkatan Kualitas Data dalam Pencapaian Target SDGs di Forum PBB

» Unduh Siaran Pers

New York, Senin (17 Juli 2023) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sampaikan pentingnya peningkatan kualitas data untuk menghasilkan dampak yang optimal dan tepat sasaran. Terkait hal tersebut, pencapaian target SDGs 2030 menjadi sangat menantang dengan adanya trend yang off-track.

"Untuk itu diperlukan sebuah upaya transformasi dan kerjasama yang baik antar para pihak. Sebagai contoh, untuk implementasi SDG 6, Indonesia meyakini bahwa hanya dengan upaya yang terfokus dan dibarengi dengan adanya kolaborasi maka capaian SDG 6 untuk ketersediaan air bersih dan sanitasi bagi semua akan dapat tercapai di 2030," papar Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono saat menghadiri United Nations High-Level Political Forum on Sustainable Development dan High-Level Segment (UN HLPF-HLS on SDGs) 2023 yang diselenggarakan pada 17 s.d. 20 Juli 2023 oleh ECOSOC di Markas Besar PBB, New York. HLPF 2023 mengangkat tema "Accelerating the recovery from the coronavirus disease (COVID-19) and the full implementation of the 2030 Agenda for Sustainable Development at all levels".

Selain itu, Agus Joko Pramono juga menyampaikan arti dan peran penting BPK dalam mengawal pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di level nasional dan daerah di Indonesia, yang sejalan dengan empat pendekatan INTOSAI (organisasi internasional lembaga pemeriksa sedunia). Pertama, menilai kesiapan pemerintah dalam penerapan SDGs. Kedua, melaksanakan audit implementasi SDGs.

"Ketiga, berkontribusi dalam implementasi SDGs, dan keempat, menjadi model dalam transparansi dan akuntabilitas dalam operasional internal. Selain itu, dari sisi kegiatan non audit, BPK telah melaksanakan reviu Voluntary National Review, mempublikasikan laporan berkelanjutan, menginisiasi berdirinya SAI20, dan membentuk Unit Sentral Koordinasi SDGs," tambahnya.

Kegiatan HLPF 2023 ini menjadi pre-summit untuk mempersiapkan SDG Summit yang akan diselenggarakan pada September 2023. Forum ini menanggapi dampak dari berbagai krisis yang saling terkait yang dihadapi dunia dan diharapkan dapat menyalakan kembali harapan, optimisme, dan antusiasme untukm 2030 Agenda for Sustainable Development.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: