SIARAN PERS

BPK Turut Kembangkan Buku Panduan tentang Kontribusi SAI dalam Memperkuat Kredibilitas Anggaran

» Unduh Siaran Pers

Jakarta (26 Juli 2023) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama International Budget Partnership (IBP) dan Division for Public Institutions and Digital Government of the United Nations Department for Economic and Social Affairs (DPIDG/UNDESA) berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah buku panduan tentang kontribusi lembaga pemeriksa atau SAI dalam memperkuat kredibilitas anggaran melalui audit eksternal.

BPK menyoroti enam faktor penting yang berkontribusi dalam memperkuat kredibilitas anggaran berdasarkan pengalaman Indonesia. Pertama, SAI harus memiliki mandat yang jelas dalam pemeriksaan keuangan negara, termasuk kredibilitas dalam pengelolaan keuangan publik (atau PFM). Kedua, SAI harus melaksanakan dan memenuhi mandat mereka dengan mengembangkan strategi dan rencana audit untuk mengatasi kelangkaan sumber daya namun mencapai cakupan audit yang luas. Ketiga, menerapkan strategi dan rencana audit terkait akuntabilitas anggaran.

"Keempat, SAI harus memanfaatkan dampak audit mereka dengan memantau dan mendorong tindak lanjut oleh entitas yang diaudit. Kelima, penting untuk memiliki kerangka data dan akuntabilitas yang tepat. Keenam, SAI harus berkontribusi pada pencapaian SDGs," ungkap Ketua BPK, Isma Yatun saat menghadiri kegiatan UNDESA-IBP Virtual Global Launching of the Handbook of Budget Credibility for External Auditors, Rabu (26/07).

Secara khusus, buku panduan ini akan memaparkan kepada SAI bagaimana pekerjaan mereka dapat menginformasikan analisis kredibilitas anggaran, juga mengilustrasikan bagaimana pekerjaan audit yang telah dilakukan oleh SAI memberikan wawasan tentang kredibilitas anggaran. Selain itu, buku ini juga akan menguraikan dan mengilustrasikan langkah-langkah kunci yang dapat dipertimbangkan oleh SAI ketika ingin menilai dan menangani kredibilitas anggaran, serta berbagi praktik dan pengalaman SAI yang ada di bidang ini.

Pengembangan buku panduan ini merupakan hasil kerja sama sekelompok ahli SAI dari Argentina, Brasil, Georgia, Indonesia, Maroko, Filipina, Uganda, dan Zambia, dan dukungan berkelanjutan dari Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO), SAI Jamaika dan SAI Afrika Selatan.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: