SIARAN PERS

BPK Wujudkan Transformasi Digital dalam Galeri untuk Ruang Publik

» Unduh Siaran Pers

Jakarta, Senin (18 Januari 2021) - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) mewujudkan transformasi Galeri BPK ke arah proses bisnis digital sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Galeri BPK diharapkan menciptakan ruang interaksi yang dinamis antara BPK dengan berbagai stakeholders BPK dalam suatu ruang publik yang nyaman, menarik, dan aman. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, ketika meresmikan Galeri BPK pada hari ini (18/1) secara virtual.

Galeri BPK berlokasi di lantai 1 Kantor Pusat BPK, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 31 Jakarta Pusat. Adaptasi melalui perkembangan teknologi diwujudkan dalam berbagai sarana di Galeri BPK. Terdapat Museum BPK dalam format digital untuk lebih atraktif dan menampung banyak koleksi, tanpa memerlukan ruang untuk meletakkan koleksi. "Fungsi Museum untuk menyimpan pengetahuan dan pengalaman dalam perjalanan BPK tetap dapat dinikmati, tidak terbatas dengan luas ruangan yang tersedia. Digitalisasi Museum ini, diharapkan memberikan kesan dan pesan yang lebih menarik bagi pengunjung," jelas Wakil Ketua BPK.

Galeri BPK juga menyediakan ruang Konferensi Pers dengan fasilitas videotron untuk berinteraksi. Dalam ruang ini, juga dapat dilakukan video conference pegawai BPK dengan pihak internal BPK maupun eksternal di seluruh Indonesia. Komunikasi virtual menjadi pilihan saat ini dalam pelaksanaan tugas BPK.

Dalam area galeri juga tersedia ruang Studio BPK TV, Media Center, dan Sekretariat ASEANSAI. Studio BPK TV menjadi "production house" untuk menyampaikan hasil dan capaian BPK kepada para pemangku kepentingan. Sedangkan Media Center juga untuk memaksimalkan penyampaian informasi pada media massa melalui berbagai kegiatan seperti diskusi, media workshop, coffee morning, yang saat ini dilakukan secara virtual.

Fasilitas Sekretariat ASEANSAI disediakan untuk mendukung operasionalisasi ASEANSAI dengan memberikan layanan kepada stakeholders yang ingin mengetahui tentang ASEANSAI. Dengan perkembangan teknologi informasi dan situasi pandemi saat ini, Sekretariat ASEANSAI akan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk menjalankan proses bisnisnya.

Galeri BPK diresmikan dalam rangka HUT ke-74 BPK. Area ini akan terus didukung oleh kreativitas kegiatan, maintenance yang memadai, dan terus dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: