BERITA UTAMA

Kabel Listrik Lantai 11 Gedung Umar Wirahadikusumah BPK RI Terbakar

​Sehubungan dengan pemberitaan di beberapa media nasional mengenai telah terjadinya kebakaran di Gedung Umar Wirahadikusumah BPK RI Jakarta Pusat, pada hari minggu 13 Oktober 2013, BPK RI memberikan keterangan mengenai terjadinya kebakaran tersebut kepada media/wartawan pada 16 Oktober 2013.

Kebakaran diketahui berawal dari suara sirine alarm kebakaran di Kantor BPK RI. Setelah dilakukan pengecekan, diketahui indikator alarm berasal dari lantai 11 Gedung Umar Wirahadikusumah. Kebakaran tersebut dipicu oleh korsleting kabel listrik yang berada di jalur kabel listrik dan pipa air bersih/kotor yang merupakan lorong vertikal berukuran sekitar 1 x 1 meter dari lantai dasar hingga lantai teratas.

"Kebakaran terjadi di lantai 11, tepatnya terjadi di saluran pipa air dan juga kabel listrik.  Kebakaran terjadi pada hari minggu sekitar pukul 10.00 WIB dan terdeteksi oleh petugas pengamanan dalam BPK RI yang sedang bertugas," jelas Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ritriawan dihadapan para wartawan elektronik dan cetak di Gedung Tower BPK RI, Jakarta, 16 Oktober 2013.

Dijelaskan Hendar Ristriawan, mengetahui adanya kebakaran tersebut, Petugas Pengamanan Dalam BPK berupaya memadamkan api dan sekaligus melaporkan kebakaran tersebut kepada Dinas Pemadam Kebakaran. "Pada saat posko pemadam kebakaran tiba di lokasi, Api sudah bisa dipadamkan terlebih dahulu oleh Petugas Pengaman Dalam BPK RI. Selain karena Api-nya hanya korsleting listrik dari saluran pipa air dan listrik, cepatnya Petugas Pengaman Dalam memadamkan api karena alat springkel dan hydrant berfungsi dengan baik," papar Hendar Ritriawan.

Selain itu, korsleting kabel listrik tersebut tidak membakar ruangan kerja maupun dokumen yang berada di lantai 11, pipa saluran air yang berdampingan dengan terjadinya kebakaran juga masih utuh. Dilokasi kejadian ditemukan bekas gigitan tikus. Diduga terjadinya korsleting tersebut  akibat gigitan tikus.

Bagikan konten ini: