SIARAN PERS

Ketua BPK: Optimis G20 Percepat Pemulihan Ekonomi

» Unduh Siaran Pers

Jakarta, Selasa (15 November 2022) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai Chair of Supreme Audit Institution 20 (SAI20), Isma Yatun, mengucapkan selamat atas terlaksananya KTT G20 pada hari ini (15/11) di Bali.

"Selamat atas suksesnya penyelenggaraan KTT G20. BPK optimis seluruh kegiatan Presidensi G20 Indonesia akan mempercepat pemulihan ekonomi. Hal ini sesuai dengan tema G20 Recover Together, Recover Stronger, yang fokus pada penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan perekonomian," tegas Isma Yatun.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Presidensi G20 di Indonesia, BPK telah menginisiasi terbentuknya SAI20 sebagai engagement group baru di G-20. Inisiasi BPK RI ini dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah G20 dalam mewujudkan transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik di tingkat global. SAI20 dibentuk sebagai platform pertemuan badan pemeriksa atau Supreme Audit Institutions (SAI) negara anggota G20 dengan tujuan: 1) memberikan kontribusi kepada Pemimpin G20 dalam area transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik; dan 2) membangun kemitraan global dengan berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem dan komunitas G20.

SAI20 berhasil menghasilkan komunike pada KTT SAI20 di Bali, Indonesia pada 29-30 Agustus 2022. Komunike SAI20 berisi kesepakatan bersama Pimpinan Badan Pemeriksa (SAI) negara anggota G20 yang hadir pada KTT tersebut dengan mengungkapkan peran SAI negara G20 sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia serta mendorong kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam Komunitas G20. SAI 20 diharapkan dapat menjadi suatu kontribusi nyata dari BPK bagi pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia tahun ini.

Komunike SAI20 merupakan 12 pernyataan yang disepakati. Bagian pertama terdiri dari 8 pernyataan mengenai rasionalisasi hadirnya SAI20 sebagai engagement group G20. Bagian kedua adalah dua pernyataan rekomendasi SAI20 kepada pemerintah dan stakeholder mengenai percepatan pemulihan ekonomi dan capaian Agenda SDGs. Bagian terakhir mengenai keberlanjutan dan kolaborasi SAI20 dalam mempromosikan efisiensi, efektivtas dan transparansi administrasi publik.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: