SIARAN PERS

Menggerakkan SAI20, BPK Pimpin Penyusunan Draf Komunike SAI20

» Unduh Siaran Pers

Labuan Bajo, Senin (20 Juni 2022) - Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya good governance yang baik salah satunya dengan menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institutions (SAI) 20. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beserta Supreme Audit Institution (SAI) dari negara-negara anggota G20 melaksanakan kegiatan SAI20 - Senior Official Meeting (SOM) yang dilakukan selama dua hari, 20-21 Juni 2022. Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan inisiasi pembentukan engagement group di bawah G20 yaitu SAI20.

SAI20 Senior Officials Meeting merupakan forum untuk mendiskusikan peran badan pemeriksa (SAI) dalam dua isu prioritas yakni percepatan pemulihan ekonomi (accelerating economic recovery) dan dukungan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (supporting the achievement of the sustainable development goals) untuk penyusunan Konsep Komunike SAI20.

Pertemuan ini dihadiri oleh delegasi tingkat Direktur Jenderal atau tingkat eselon I SAI Anggota G20 baik yang hadir secara fisik di Labuan Bajo (SAI Australia, Brazil, India, Indonesia, Rusia, dan Saudi Arabia) maupun yang hadir virtual (Argentina, China, Korea, Meksiko, South Africa, dan Turkey).

Menurut Ketua BPK, Isma Yatun, antusias anggota SAI20 yang tinggi menunjukkan komitmen terhadap peran SAI dalam mendorong kolaborasi, kontribusi, percepatan pemulihan ekonomi pascaCovid 19, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SAI20 akan bersama membangun inklusivitas dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan baik di komunitas badan pemeriksa, maupun komunitas G20 untuk mendukung pengelolaan keuangan negara yang tangguh dan bermanfaat.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: