BERITA UTAMA

Sertijab Kalan BPK Provinsi Sulawesi Utara, Pengelolaaan Keuangan Pemerintah Daerah Diharapkan Menjadi Semakin Baik

Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis didampingi Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) VI, Dori Santosa menyaksikan acara Penandatanganan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin (29/7) di Manado. Jabatan Kepala Perwakilan yang sebelumnya dijabat oleh Tangga Muliaman Purba diserahterimakan kepada Karyadi di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Anggota VI BPK menyampaikan bahwa jabatan sebagai Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara bukan hadiah tetapi merupakan tanggung jawab yang akan dipikul oleh Kepala Perwakilan yang baru untuk membuat pengelolaan keuangan di Provinsi Sulawesi Utara semakin baik.

Perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di seluruh entitas di Provinsi Sulawesi Utara sudah pada tingkat yang menjanjikan, dari 16 entitas di provinsi, kabupaten dan kota 15 entitas memperoleh opini WTP. “Ini adalah pencapaian yang terbaik dari Kepala Perwakilan sebelumnya, dan saya memohon kepada Kepala Perwakilan yang baru agar pada tahun depan seluruh entitas di Provinsi Sulawesi Utara memperoleh opini WTP”, ungkap Anggota VI BPK.

Anggota VI BPK berharap Kepala Perwakilan untuk dapat melakukan studi grup dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Sulawesi Utara yang juga melibatkan Kejaksaan Tinggi, Bank Indonesia dan Biro Pusat Statistik untuk membahas pengaruh anggaran yang dikelola oleh pemerintah daerah terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat setiap tahunnya.

Kedepan BPK berencana akan melakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif, seperti pemeriksaan untuk melihat alokasi anggaran dapat sejauh mana menurunkan kemiskinan di provinsi, kabupaten dan kota. Apabila hal ini dapat dilakukan maka nantinya BPK dapat merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar dalam tahun berikutnya dapat lebih baik dalam mengalokasikan anggaran kepada kegiatan yang lebih tepat sasaran sehingga kesejahteraan rakyat dapat meningkat.

Acara Sertijab ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Andrei Angouw, para Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Utara, para Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Utara, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Utara, para Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara serta para tamu undangan lainnya.

Bagikan konten ini: