BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Sampaikan Pentingnya Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemeriksa dan Sinergi Bersama dalam Upaya Pemberantasan Korupsi

HANOI, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hendra Susanto menjadi keynote speaker pada konferensi internasional dengan tema Role of Supreme Audit Institutions in Combatting Corruption for the Advancement of Transparency, Public Integrity, and Good Governance yang diselenggarakan oleh the State Audit Office of Vietnam (SAV), di Hanoi, Vietnam, Selasa (9/7).

Welcome remarks disampaikan oleh Nguyen Due Hai, Member of the Communist Party of Vietnam Central Committee - Vice Chairman of the Vietnamese National Assembly dan opening remarks oleh Auditor General SAV, Ngo Van Tuan. Wakil Ketua BPK menyampaikan keynote speech bersama Auditor General SAI Afrika Selatan dan perwakilan dari United Nations on Drugs and Crime (UNODC) dan Auditor General SAI Vietnam.

Dalam melaksanakan mandatnya, Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa BPK berkontribusi dalam pemberantasan korupsi melalui tiga fungsi utama yaitu peran preventif, detektif dan represif. Hal tersebut dilakukan oleh unit kerja khusus yaitu Auditorat Utama Investigasi, yang melakukan tugas audit dengan mendalami hasil audit pemeriksaan keuangan, kinerja dan kepatuhan serta berdasarkan permintaan pemangku kepentingan yaitu aparat penegak hukum.

Konferensi ini merupakan acara pembuka dari rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-30 SAV yang diselenggarakan pada 9 s.d. 11 Juli 2024. Perhelatan besar ini dihadiri oleh pimpinan National Assembly Vietnam, para pimpinan tinggi dan wakil pimpinan tinggi 13 Supreme Audit Institution (SAI), yaitu Afrika Selatan, Mongolia, Kamboja, Singapura, Laos, Indonesia, Brazil, Korea, Perancis, Arab Saudi, Filipina, Malaysia dan Vietnam; tiga lembaga Internasional, yaitu United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), World Bank, dan Canada Audit and Accountability Foundation (CAAF), serta para duta besar negara sahabat dan pejabat pada kementerian /lembaga pemerintah Republik Vietnam.

Dalam gelaran ini, hadir Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam H.E Denny Abdi. Wakil Ketua BPK didampingi oleh Kepala Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara(PKN) BPK R. Yudi Ramdan Budiman, serta pejabat pada Auditorat Utama Investigasi dan Badan Diklat PKN.

Bagikan konten ini: