BERITA UTAMA

BPK Dipercaya Sebagai Sekretariat ASEANSAI Periode 2024 – 2029

MANILA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dipercaya mengemban tanggung jawab sebagai sekretariat organisasi lembaga pemeriksa negara-negara anggota ASEAN (ASEANSAI) periode 2024 - 2029. Penetapan ini dilakukan dalam the 7th ASEANSAI Summit yang diselenggarakan di Manila, Filipina (2/11).

Sebelumnya, BPK telah menjalankan perannya sebagai sekretariat ASEANSAI sejak pembentukan ASEANSAI tahun 2011. Sebagai sekretariat ASEANSAI, BPK berperan sebagai penggerak atau driving force kegiatan yang dilakukan dengan memastikan kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik.

Selain itu, sekretariat ASEANSAI juga bertanggung jawab mengelola kesekretariatan dan pengelolaan administrasi yang berkaitan dengan ASEANSAI serta berperan dalam pengembangan kerja sama ASEANSAI dengan pemangku kepentingan atau stakeholder.

Dalam penetapan yang dilakukan di summit tersebut, hadir para ketua lembaga pemeriksa atau Supreme Audit Institutions (SAI) dari negara-negara anggota ASEAN yang memberikan persetujuan atas penetapan isu strategis, antara lain pergantian keketuaan ASEANSAI, penetapan revisi rules and procedures, ketua komite dan anggotanya serta auditor ASEANSAI, dan penunjukan Sekretariat ASEANSAI.

Ketua BPK Isma Yatun dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada para Ketua SAI atas kepercayaan yang diberikan. Lebih lanjut, disampaikan juga bahwa ke depan, BPK akan mendorong kerja sama dengan mitra strategis seperti organisasi regional dan development partners serta mendorong internal governance yang lebih baik.

Di tengah tantangan yang dinamis, Ketua BPK menambahkan, BPK juga akan lebih mendorong inklusivitas dengan lebih agile dan terbuka untuk bekerjasama dengan anggota ASEANSAI dalam menjalankan kesekretariatan.

Hadir dalam 7th ASEANSAI Summit kali ini, Ketua BPK Isma Yatun dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif dan tim Sekretariat ASEANSAI.

Bagikan konten ini: