BERITA UTAMA

BPK Selenggarakan Festival Film Kawal Harta Negara 2017

14 Maret 2017

Bertempat di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (14/3/2017), Ketua BPK Harry Azhar Azis membuka secara resmi Festival Film Kawal Harta Negara 2017. Festival ini merupakan kerjasama antara BPK dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH. Acara ini juga dihadiri oleh Deputy Director USAID Office for Democracy, Rights, and Governance Kevin McGrath, para pejabat di lingkungan BPK dan USAID, serta peserta festival dari kalangan mahasiswa/pelajar dan umum.

Acara launching dirangkai dengan berbagai kegaiatan seperti Talkshow bersama BPK dengan narasumber Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan, workshop film dengan sineas muda Ismail Basbeth, serta workshop mengenai pembuatan video Citizen Journalism dengan narasumber Thomas Herda dari Net TV. Dalam kegiatan Peluncuran (launching) Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga diputar film pendek yang diilhami dari hasil pemeriksaan BPK.

Tujuan dari penyelenggaraan festival film ini adalah berupaya mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk membuat film yang bercerita tentang produk, pencapaian, peran, dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Dalam sambutannya Ketua BPK mengatakan pengelolaan keuangan negara harus dilakukan secara transparan dan bertanggungjawab, bahkan menurut Undang-undang Dasar setiap rupiah uang negara harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. “Mudah-mudahan dari sini akan muncul semangat baru dan kesadaran baru, bahwa harta negara adalah harta kita semua” kata Ketua BPK.

Pada Festival Film Kawal Harta Negara 2017, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video citizen journalism, dan iklan layanan masyarakat (public service announcement). Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umum nantinya para pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah berupa dana produksi film.

Selain kompetisi film, Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada. Peserta yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman, sekaligus diikutsertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2017.

Selain launching di Jakarta, Festival Film Kawal Harta Negara akan melanjutkan roadshow di 4 kota, yaitu Magelang (23 Maret 2017), Ternate (30 Maret 2017), Medan (6 April 2017) dan Malang (11 April 2017).