BERITA UTAMA

High Level Visit Commissioner BAI Korea ke BPK RI Dalam Rangka Kerja Sama Bilateral

10 Juli 2019

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara menerima kunjungan delegasi Board of Audit and Inspection of Korea (BAI Korea) yang dipimpin oleh Commissioner of BAI Korea, Kim Jin-kook, di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Rabu (09/07/2019).

Agenda utama kunjungan Commissioner of BAI Korea ini adalah courtesy meeting dengan Ketua BPK, dimana dalam pembicaraan yang berlangsung, selain membicarakan kerja sama kedua istitusi, BAI Korea juga meminta dukungan dari BPK dalam pencalonannya sebagai anggota Board of Audit Perserikatan Bangsa Bangsa.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua BPK yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, menekankan bahwa kerja sama BPK dan BAI Korea ini diharapkan dapat terus berlangsung untuk meningkatkan kualitas dalam tugas masing-masing. Sementara itu, Commissioner BAI mengungkapkan komitmen untuk melanjutkan kerja sama dengan BPK. Ia juga menyatakan kekagumannya akan Pancasila yang dapat menyatukan Indonesia yang memiliki keragaman budaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan executive discussion terkait peran dan tanggungjawab BPK serta sistem dan teknik pemeriksaan. Kepala Direktorat Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK, Slamet Kurniawan, memaparkan profil BPK termasuk mandat dan wewenangnya, standar pemeriksaan, jenis-jenis pemeriksaan dan tekniknya serta Sistem Aplikasi Pemeriksaan. Delegasi BAI Korea juga menjelaskan mengenai tugas dan wewenangnya serta posisi BAI dalam sistem kenegaraan Korea.