BERITA UTAMA

Anggota IV BPK Harap Para Pemeriksa Terus Belajar dan Berpikir Inovatif

JAKARTA, Humas BPK - Dalam melaksanakan pemeriksaan kinerja, dimana tujuan dan lingkup pemeriksaan bervariasi antara satu pemeriksaan dengan lainnya, pemeriksa harus disiplin dalam menerapkan prinsip dan standar pemeriksaan. Selain itu, pemeriksa juga harus terus belajar dan berpikir inovatif selama melaksanakan pemeriksaan.

Hal ini karena pemeriksaan kinerja tidak sama dengan pemeriksaan laporan keuangan, yang tujuannya sama, yaitu untuk menilai kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV, Haerul Saleh, saat memberikan arahan dalam rangka persiapan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu di lingkup Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) IV Semester II Tahun 2022, di Kantor BPK, Jakarta, Kamis (28/7).

Anggota IV BPK mengatakan bahwa untuk menghasilkan laporan yang berkualitas dan bernilai tambah, pemeriksaan harus dilakukan sesuai dengan standar dan pedoman pemeriksaan. Anggota IV BPK menambahkan, bahwa pada proses pemeriksaan perlu juga dilakukan pengendalian mutu yang berjenjang.

"Sepanjang proses pemeriksaan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan sampai dengan tindak lanjut, setiap pihak harus betul-betul memahami perannya dalam quality control," kata Anggota IV BPK.

"Jadi setiap jenjang ini harus memiliki quality control, sehingga kualitas dari pemeriksaan kita ini bisa lebih baik dan dapat memberi manfaat bagi negara dan juga masyarakat," tambahnya.

Anggota IV BPK juga mengungkapkan bahwa LHP merupakan media komunikasi BPK kepada stakeholder, sehingga LHP harus bisa menjadi cermin yang jernih bagi auditee. Menurutnya, dalam proses penulisan laporan, para pemeriksa harus dapat menulis dengan tepat waktu, jelas, menyakinkan, dan mudah dipahami.

"Ketika menulis LHP, pemeriksa harus menempatkan diri sebagai pembaca yang memerlukan informasi yang enak dibaca dan penting. Jadi laporannya saya minta harus dibuat yang ringkas dan padat saja," ungkap Anggota IV BPK.

Menutup arahannya, Anggota IV BPK berharap hal-hal yang telah disampaikan menjadi perhatian seluruh tim pemeriksa, sehingga pemeriksaan di lingkup AKN IV yang akan dilakukan pada semester II tahun 2022 dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan dapat memberikan manfaat untuk negara dan masyarakat.

Selain itu, Anggota IV BPK juga berpesan agar para pemeriksa selalu menjaga nilai-nilai dasar BPK, yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme.

"Jangan pernah kita lelah, dan jangan pernah kita kurang bersemangat untuk terus berkontribusi dan belajar demi mewujudkan akuntabilitas untuk semua," tegasnya.

Pengarahan tersebut juga dihadirioleh Auditor Utama Keuangan Negara IV, Syamsudin, serta para pejabat Pimpinan Tinggi Madya, pejabat struktural dan fungsional pemeriksa di lingkungan AKN IV.

Bagikan konten ini: