BERITA UTAMA

BPK dan ACFE Selenggarakan Round Table Discussion tentang Business Intelligence and Investigative Due Diligence

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerjasama dengan Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) menyelenggarakan Round Table Discussion di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (31/1). Kegiatan yang dikemas dalam forum diskusi interaktif tersebut membahas mengenai "Business Intelligence and Investigative Due Diligence: Peering Inside the Black Box".

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono ini diikuti oleh para pemeriksa di lingkungan BPK yang mempunyai sertifikasi CFE, para anggota ACFE Indonesia Chapter, serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Badiklat PKN BPK.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK mengungkapkan bahwa topik yang dibahas pada kesempatan ini cukup menarik dan sangat penting untuk diketahui.

“Topik Business Intelligence and Investigative Due Diligence: Peering Inside the Black Box menjadi sangat menarik, karena Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan cara untuk mentransformasi data menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk melakukan analisis"

Dengan Business Intelligence, perusahaan atau lembaga dapat mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikannya ke dalam suatu strategi yang lebih efektif.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua BPK juga menjelaskan bahwa saat ini terdapat 212 pegawai BPK yang memiliki sertifikasi CFE dan tersebar di dalam struktur organisasi BPK, baik sebagai pemeriksa maupun penunjang.

Peran CFE di BPK sangat signifikan, khususnya dalam membantu BPK menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini dilihat dari capaian BPK dalam memperbaiki transparansi dan akuntabilitas keuangan pemerintah, dimana turut andil di dalamnya peran para pemegang sertifikasi CFE di BPK.

Round Table Discussion ini menghadirkan narasumber yang memiliki banyak pengalaman dalam mengolah data menggunakan Business Inteligence yaitu Budi Santoso yang saat ini mengemban jabatan sebagai Pengurus ACFE Indonesia Chapter dan juga Pengurus ACFE Singapore Chapter.

Turut hadir pada acara tersebut, Director ACFE Indonesia Chapter, Meidyah Indreswari dan Kepala Badiklat PKN BPK, Hery Subowo. Pertemuan ini diharapkan BPK dan ACFE Indonesia Chapter dapat terus bersinergi dan bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan di bidang pencegahan/preventif, seperti edukasi, penelitian dan pengembangan anti-fraud.

Bagikan konten ini: