BERITA UTAMA

BPK dan State Audit Organization of LAO PDR Pererat Kerja Sama Bilateral Melalui Kunjungan Tingkat Tinggi dan Pelatihan

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) Agung Firman Sampurna didampingi Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono menerima kunjungan tingkat tinggi Presiden The State Audit Organization of Lao People’s Democratic Republic (SAO Lao) Viengthong Siphandone yang didampingi oleh Ambassador of Lao PDR to Indonesia Phomma Sidsena, serta delegasi lainnya di Kantor Pusat BPK pada tanggal 10 Februari 2020. Dalam rangkaian kegiatan kunjungan dilaksanakan dua kegiatan besar yaitu executive discussion dengan topik Grading Scheme for BPK Auditors dan pembukaan pelatihan untuk ketua tim pemeriksa SAO Lao.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Ketua BPK menyambut hangat ide-ide untuk terus mengembangkan kerja sama dan kolaborasi antar kedua SAI dan merupakan kehormatan bagi BPK dipercaya untuk melaksanakan pelatihan untuk ketua tim pemeriksa dari SAO Lao. Sementara itu, Presiden SAO Lao dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada BPK yang selama ini telah membantu SAO Lao dalam pengembangan kapasitas organisasi dan pemeriksaan. Presiden SAO Lao juga menyampaikan keinginannya untuk terus melanjutkan kerja sama yang telah berjalan dengan baik selama ini.

Dalam diskusi eksekutif dengan topik Grading Scheme for BPK Auditors, paparan disampaikan oleh Wakil Ketua dan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif. Dalam paparannya, Wakil Ketua menjelaskan mengenai latar belakang, proses penyusunan grading auditor, dampak, manfaat serta tantangan-tantangan yang dihadapi dalam menerapkan skema grading auditor. Paparan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi delegasi SAO Lao yang sedang dalam proses mengembangkan skema grading untuk para pemeriksa di SAO Lao.

Sementara itu, pelatihan untuk para ketua tim SAO Lao merupakan pelaksanaan Action Plan kerja sama bilateral kedua institusi yang ditandatangani tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari di Badan Diklat BPK, Kalibata dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para ketua tim SAO Lao baik dalam hal memimpin tim pemeriksa, maupun terkait metodologi pemeriksaan.

Bagikan konten ini: