BERITA UTAMA

BPK Ditunjuk Kembali Jadi Pemeriksa Eksternal IMO 2024–2027

LONDON, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Nyoman Adhi Suryadnyana mengungkapkan apresiasinya usai BPK ditunjuk kembali menjadi pemeriksa eksternal IMO, badan khusus PBB yang bertanggung jawab untuk keselamatan dan keamanan aktivitas pelayaran dan pencegahan polusi di laut, periode 2024-2027. Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas dan kapabilitas BPK dipercaya untuk memeriksa laporan keuangan dan kinerja organisasi internasional.

Penunjukan ini berlangsung dalam sidang Majelis IMO ke-33 yang digelar di kantor pusat IMO, London, Inggris pada Jumat (01/12). Anggota I BPK mengatakan, sekitar 175 negara anggota yang menghadiri sidang, secara bulat memutuskan menunjuk kembali BPK sebagai pemeriksa eksternal IMO. Termasuk di dalamnya, World Maritime University (WMU) dan International Maritime Law Institute (IMLI) tahun 2024-2027.

"Sebelumnya, BPK telah menjadi pemeriksa eksternal IMO termasuk di dalamnya WMU dan IMLI pada periode 2020-2023. Selama periode waktu tersebut, BPK telah melakukan pemeriksaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai indepedensi, integritas, dan profesionalisme serta menerapkan standar tertinggi untuk menjaga kualitas audit," ujar Anggota I BPK.

"BPK juga telah memberikan rekomendasi yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan akuntabilitas manajemen IMO," tambah Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I tersebut.

Penunjukan kembali BPK sebagai pemeriksa eksternal IMO dilakukan dengan mempertimbangkan pengetahuan dan pengalaman BPK sebagai pemeriksa eksternal lembaga internasional saat ini dan sebelumnya, yaitu pada International Atomic Energy Agency (2016-2021), IMO (2020-2023) termasuk di dalamnya WMO dan IMLI, serta World Intellectual Property Organization (2024-2029).

Selain IMO, pada November 2023, BPK juga dipilih menjadi pemeriksa eksternal pada Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk periode 2023-2025. Dengan peran sebagai pemeriksa eksternal berbagai lembaga internasional tersebut, BPK dipercaya menjadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB atau Chair of UN Panel of External Auditors (2022-2023).

Pada hari yang sama, Indonesia juga terpilih sebagai anggota Dewan IMO pada Kategori C untuk periode 2024-2025. Kedua prestasi ini semakin mengukuhkan posisi dan eksistensi Indonesia di dunia internasional.

Bagikan konten ini: