BERITA UTAMA

BPK Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan IDI-ASOSAI Strategy, Performance Measurement and Reporting (SPMR)

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi tuan rumah penyelenggaraan IDI-ASOSAI Strategy, Performance Measurement and Reporting (SPMR) yang diselenggarakan pada 12 - 16 September 2022 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan rangkaian project yang diinisiasi oleh INTOSAI Development Initiative (IDI) dan Asian Organization of Supreme Audit Institutions (ASOSAI) sejak awal tahun 2019. Program ini bertujuan membantu Supreme Audit Institution (SAI) mengembangkan dan menjalankan proses perencanaan serta manajemen strategis untuk mencapai hasil strategis dan memberikan nilai serta manfaat.

Para SAI yang berpartisipasi telah melakukan penilaian menyeluruh atas kinerja mereka menggunakan pendekatan Supreme Audit Institution Performance Measurement Framework (SAI PMF), menyusun rencana strategis dan operasionalnya serta melakukan pemantauan yang efektif dan menyusun kerangka pelaporan.

Delapan lembaga pemeriksa keuangan anggota ASOSAI termasuk BPK berpartisipasi dalam kegiatan SPMR ini. Workshop ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan SAI yang mandiri, efektif dan kredibel dimana komponen akuntabilitas, transparansi dan integritas merupakan bagian yang tak terpisahkan di dalamnya. Manajemen strategis selalu menjadi penting dalam membina lembaga pemeriksa keuangan yang efektif, akuntabel dan inklusif yang secara positif mempengaruhi kualitas tata kelola sektor publik.

Workshop SPMR dibuka oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif pada 12 September 2022. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal, menyampaikan bahwa melalui workshop ini, diharapkan dapat membantu lembaga pemeriksa keuangan untuk meningkatkan tata kelola organisasi yang baik, khususnya dalam merumuskan strategi yaitu rencana strategis, pengukuran kinerja untuk pemantauan dan evaluasi secara berkala, serta pelaporan hasil kinerjanya kepada pemangku kepentingan.

Selain itu, dalam sesi pembukaan Manager SAI Governance IDI, Laurent Grosse-Kozłowski, menyampaikan bahwa workshop ini sebagai forum untuk bertukar pengalaman mengenai proses strategic performance and monitoring yang bertujuan untuk membuat perubahan atas kehidupan warga negara.

Dalam kesempatan yang sama, Takamatsu Shingo, dari SAI Jepang, sebagai ASOSAI Capacity Development Administrator (CDA) menekankan bahwa untuk memfasilitasi implementasi SAI PMF, ASOSAI dan IDI bekerja sama melalui project SPMR yang merupakan inisiatif untuk pengembangan pengelolaan organisasi dalam penerapan siklus managemen strategis secara keseluruhan.

Bagikan konten ini: