BERITA UTAMA

BPK Raih Opini WTP 15 Kali Berturut-turut Sejak Tahun 2007 - 2021

JAKARTA, Humas BPK - Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat akuntabilitas kinerja pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 dengan tema "Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jakarta, Kamis (22/9) dan dihadiri oleh Anggota II BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II, Daniel Lumban Tobing, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, serta para pejabat struktural maupun fungsional di lingkungan BPK dan Kemenkeu.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi salah satu Kementerian Negara atau Lembaga yang menerima penghargaan dari Pemerintah, dalam hal ini Kemenkeu karena capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan (LK) tahun 2021 dan meraih WTP 15 kali berturut-turut sejak LK tahun 2007.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPK, Bahtiar Arif, selaku pengguna anggaran pemeriksaan, dan LK BPK diperiksa oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK.

Selain itu, capaian penghargaan ini merupakan wujud komitmen untuk menyukseskan program akuntabilitas untuk Semua (Accountability for All) mengenai tata kelola dan pertanggungjawaban keuangan negara dan melaksanakan tata kelola organisasi yang transparan dan berkesinambungan agar menjadi teladan bagi institusi lainnya

Bagikan konten ini: