BERITA UTAMA

J.B. Sumarlin, Ketua BPK Periode 1993-1998, Tutup Usia

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 1993-1998, Johannes Baptista (JB) Sumarlin meninggal dunia pada Kamis (6/2), di Rumah Sakit Carolus, Jakarta. Mendiang J.B. Sumarlin dimakamkan pada Senin (10/2), di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Sebelum diberangkatkan ke pemakaman San Diego Hill, jenazah J.B Sumarlin terlebih dahulu dibawa ke Gereja Katolik Katedral ST. Maria untuk prosesi misa arwah. Usai prosesi misa arwah, jenazah diserahkan dari keluarga kepada pemerintah yang diterima oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani sebagai perwakilan dari pemerintah yang dihadiri oleh Wakil Presiden 2009-2014, Boediono, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Manoarfa.

Usai diserah terimakan, jenazah J.B. Sumarlin diberangkatkan menuju pemakaman San Diego Hill untuk dilakukan prosesi pemakaman. Prosesi pemakan dilaksanakan secara militer.

Anggota I BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Hendra Susanto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Anggota I BPK mengungkapkan rasa hormat dan duka atas kepergian J.B. Sumarlin.

“Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari pemerintah atas jasa dharmabakti serta pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa, kepergian beliau merupakan kesedihan untuk kita semua”. Ungkap Anggota I BPK.

Selain itu, Anggota I BPK juga menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian beliau. Ia berharap almarhum dapat ditempatkan ditempat yg terbaik dan diampuni segala kesalahan nya serta kepada keluarga yg ditinggalkan agar senantiasa diberikan ketabahan, kesabaran dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir pada pemakaman tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 1999-2004, Akbar Tanjung, Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) periode 2014-2019, Agus Raharjo, serta para pejabat dilingkungan BPK, Kemenkeu dan PPN/Bappenas.

Selain menjabat Ketua BPK, J.B. Sumarlin juga pernah menjabat sebagai Ketua Bappenas periode 1983-1988 dan Menteri Keuangan periode 1988-1993.

Bagikan konten ini: