BERITA UTAMA

Ketua dan Wakil Ketua BPK Hadiri the XXIV INCOSAI Brazil 2022

HUMAS BPK - Ketua BPK, Isma Yatun, dan Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, menghadiri The XXIV INCOSAI Brazil yang diadakan pada tanggal 7 - 11 November 2022, di Rio de Janeiro, Brazil. INCOSAI merupakan pertemuan terbesar di INTOSAI yang diselenggarakan tiap tiga tahun, dimana berbagai dokumen, produk, dan kebijakan INTOSAI disahkan.

Tema yang diusung dalam INCOSAI tahun ini adalah (i) The work of SAIs in the context of emergency situations dan (ii) Global voice, global outcome, far reaching impact. BPK sendiri ditunjuk untuk menjadi rappertur dalam diskusi tema I dan melaporkannya dalam plenary session II. Rangkaian acara INCOSAI XXIII meliputi Opening Ceremony, Plenary Sessions (Sidang Umum INTOSAI), Governing Board Meeting ke-76 dan 77, Goal Chairs Meeting, dan berbagai sesi diskusi.

Beberapa dokumen atau produk yang disahkan kali ini adalah Strategic Plan INTOSAI 2023 - 2028, Guidance tentang Enhancing Collaboration between Supreme Audit Institutions and Anti-Corruption Bodies in Preventing and Fighting Corruption: A Practical Guide, ISSAI 150: Auditor Competence, GUID 1951: Guidance on the development of pathways for professional development of auditors, GUID 5250: Audit of Public Debt, GUID 5330: Audit of Disaster Management, GUID 5280: Audit of Public Procurement, GUID 5320: Performance Audit of Privatization, GUID 5330: Audit of Disaster Management.

INCOSAI Brazil kali ini juga menghasilkan Rio Declaration yang menyampaikan suara SAI terkait responsiveness' SAI, strengthening INTOSAI's global voice, the importance of core principles dan how SAIs can improve their collaboration with stakeholders.

Selian mengikuti agenda utama INCOSAI, delegasi BPK juga melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa SAI counterpart, mengikuti side events seperti menjadi panelis dalam IDI launching Equal Futures Audit (EFA), menjadi panelis dalam IDI UNDESA handbook on budget credibility, melakukan promosi output dari Working Package 4 INTOSAI WGEA terkait sustainable transport, menghadiri pertemuan INTOSAI WG on Extractive Industries (WGEI) dan melakukan pertemuan dengan Swedish National Audit Office (SNAO).

Bagikan konten ini: