BERITA UTAMA

Lakukan Entry Meeting, BPK Harap Hasil Pemeriksaan Berkualitas dan Selaras dengan Renstra Polri

JAKARTA, Humas BPK - Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus mampu memberikan pandangan yang komprehensif dan terarah atas capaian kinerja pemerintah sesuai dengan rencana strategis (renstra) yang telah dicanangkan pemerintah. Oleh karena itu, pemeriksaan BPK harus berkualitas dan selaras atau inline dengan renstra Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Hal tersebut disampaikan Anggota I BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Nyoman Adhi Suryadnyana saat melakukan entry meeting pemeriksaan terinci atas laporan keuangan (LK) Polri tahun 2023, di Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Selasa (16/1).

Anggota I BPK mengatakan bahwa, pemeriksaan yang dilaksanakan BPK mengacu kepada Renstra BPK yang disusun dengan mempertimbangkan pelaksanaan program dan kegiatan dalam renstra pemerintah. Dengan demikian hasil pemeriksaan lebih terarah dan dapat memberikan hasil pemeriksaan yang tepat.

"Renstra pemerintah tentunya bersifat dinamis dan dapat berubah seiring dengan perkembangan kebijakan pemerintah setiap tahunnya. Program nasional dan proyek-proyek strategis dapat diubah dalam Rencana Kerja Tahunan, dengan demikian Renstra BPK pun bersifat adaptif dan responsif untuk mengikuti perubahan tersebut," ungkap Anggota I BPK.

Anggota I BPK mengatakan pada pemeriksaan LK tahun 2023, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian seluruh jajaran Polri, diantaranya risiko pergeseran anggaran, realisasi belanja yang tidak tersedia anggarannya, dan upaya peningkatan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) oleh kementerian/lembaga.

"Kami sangat percaya bahwa sinergi yang telah terbina dengan baik antara BPK dan Polri dapat menjadi modal utama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Besar harapan kami, sinergi tersebut tetap terjaga dan konsisten dalam rangka mewujudkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Agus Andrianto mengatakan bahwa pemeriksaan BPK merupakan bagian penting dari fungsi pengawasan eksternal sebagai transformasi menuju Polri yang presisi. Oleh karena itu, Polri menyambut baik kehadiran tim pemeriksa yang akan melakukan pemeriksaan atas LK Polri tahun 2023.

"Kami berharap pemeriksaan yang dilakukan dapat memberikan rekomendasi yang tepat, transparan dan objektif terhadap segala temuan yang ada, sehingga dapat dilakukan perbaikan, serta tidak menjadi temuan berulang" ungkap Wakapolri.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Auditor Utama Keuangan Negara I Akhsanul Khaq, tim pemeriksa LK Polri 2023, serta para pejabat di lingkungan Polri yang hadir secara luring dan daring.

Bagikan konten ini: