BERITA UTAMA

Penyampaian Hasil KTT SAI20 dan Peningkatan Kerjasama antara BPK dan Board of Audit of Japan

TOKYO, Humas BPK - Dalam rangka mempererat hubungan dengan Board of Audit of Japan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang diwakili oleh Anggota III/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, Achsanul Qosasi, melaksanakan pertemuan bilateral dengan President Board of Audit of Japan, Morita Yuji, di Tokyo, Jepang, Rabu (21/9).

Dalam pertemuan tersebut, Anggota III BPK menyampaikan bahwa kunjungan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara kedua badan pemeriksa keuangan. BPK RI juga menyambut baik untuk dilakukan kerjasama yang lebih erat terutama di area pemeriksaan sektor publik.

Lebih lanjut, Anggota III juga mengapresiasi Board of Audit of Japan sebagai ASOSAI Capacity Development Administrator yang telah bekerja sama dengan BPK selama ini dalam mendukung pelaksanaan program capacity building di ASOSAI. BPK sendiri terlibat dalam kegiatan ASOSAI CDA antara lain dengan menjadi resource person dan aktif sebagai peserta dalam program CDA.

Dalam kesempatan tersebut, menyusul suksesnya pelaksanaan KTT SAI20 di Bali pada 29 - 30 Agustus 2022, Anggota III BPK menyampaikan secara langsung Komunike SAI20 yang merupakan komitmen bersama anggota SAI20 yang hadir di KTT SAI20 Bali. Hal ini merupakan langkah nyata dari tindak lanjut KTT SAI20 dimana komunike tersebut perlu disuarakan ke komunitas internasional maupun komunitas G20.

Selain itu, dalam pertemuan ini, Anggota III BPK menyampaikan bahwa BPK mengajukan nominasi untuk menjadi host INCOSAI XXVI tahun 2028 yang sekaligus menjadi Ketua INTOSAI tahun 2028 - 2031. Dengan kapasitas Jepang sebagai anggota ASOSAI Governing Board, BPK berharap agar Board of Audit of Japan dapat memberikan dukungan kepada BPK.

Anggota III BPK RI hadir dalam pertemuan tersebut dengan didampingi oleh Auditor Utama Keuangan Negara III, Ahmad Adib Susilo, Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Jepang dan Atase Keuangan Kedutaan Besar republik Indonesia (KBRI) di Jepang.

Bagikan konten ini: