BERITA UTAMA

Sambut HUT BPK Ke-73, Pimpinan BPK Ziarah ke Makam Wakil Ketua BPK

PANGKALAN BUN, Humas BPK - Sebagai rangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke-73, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara/Anggota IV BPK, Isma Yatun, melakukan ziarah ke makam Abdullah Zainie, Wakil Ketua BPK periode 2004 - 2009 di pemakaman Sekip, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada, Minggu (12/01/2020).

Ziarah makam ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan BPK RI di semua makam pendahulu pimpinan BPK, sebagai rangkaian kegiatan setiap HUT BPK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang sekaligus menghormati jasa para pemimpin pendahulu BPK RI.

Abdullah Zainie meninggal di Jakarta pada 4 April 2009 dalam usia 67 tahun. Almarhum adalah Wakil Ketua BPK periode 2004 – 2009, dan pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat semenjak tahun 1971 hingga tahun 1997.

Telah banyak jasa dan sumbangsih beliau dalam membangun BPK RI. Perkembangan pesat BPK RI yang pada tahun 2004 yang hanya memiliki 7 (tujuh) kantor perwakilan tetapi sekarang telah menjadi 34 kantor perwakilan di setiap provinsi tidak dapat dipisahkan dari sumbangsih beliau.

Demikian juga sumbangan pemikiran beliau terhadap Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK yang telah menjadi landasan bagi proses reformasi birokrasi di BPK RI maupun transformasi BPK RI sebagai lembaga pemeriksa yang independen, professional dan berintegritas dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara.

Usai kegiatan seremonial, ziarah ditutup dengan peletakkan karangan dan tabur bunga oleh peserta ziarah.

Bagikan konten ini: