BERITA UTAMA

Serahkan Hasil Pemeriksaan, BPK Sampaikan Rekomendasi untuk Perbaikan Tata Kelola Pengelolaan Keuangan IPU

JAKARTA, Humas BPK - Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal organisasi internasional Persatuan Antar Parlemen atau Inter Parliamentary Union (IPU) Martin Chungong dan internal auditor IPU Hugo Carneiro secara daring, Rabu (13/3). Pertemuan ini dilakukan dalam rangkaian penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan IPU tahun 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal IPU didampingi oleh Director of Support Services IPU Andrée Lorber dan Head of Finance IPU Edward Cooper. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, pemeriksa laporan keuangan IPU yaitu Amri Lewa, Dini Fanny Mariani, M. Azema Wiraka Albar, dan Hendy Pratama S, serta Kepala Bidang Kemitraan Global II Pusat Kemitraan Global BPK, Pitriyanti.

Pertemuan tersebut dilaksanakan setelah BPK menyampaikan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan IPU tahun 2023 secara daring kepada Sekretaris Jenderal IPU pada 8 Maret 2023.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal BPK selaku auditor in charge pemeriksaan laporan keuangan IPU tahun 2023 menyampaikan poin-poin hasil pemeriksaan kepada manajemen IPU dan internal auditor IPU beserta rekomendasi untuk perbaikan tata kelola pengelolaan keuangan IPU, antara lain mereviu strategi pembiayaan dana pensiun, meningkatkan kontrol internal dan klasifikasi penggunaan akun dalam pelaporan keuangan, serta mereviu strategi untuk meningkatkan kolektabilitas iuran anggota.

Pada pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal IPU dan jajaran manajemen IPU menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas profesionalitas dan kerja sama dari tim pemeriksa IPU. Menurutnya, pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh BPK memberikan nuansa yang berbeda bagi IPU.

Salah satu poin yang berkesan untuk IPU adalah BPK dapat memberikan pandangan yang lebih luas atas pengelolaan keuangan IPU. Menutup pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal IPU menegaskan kembali bahwa IPU menerima seluruh rekomendasi BPK dan berkomitmen akan menyelesaikan rekomendasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, internal auditor IPU juga menyampaikan apresiasi atas laporan hasil pemeriksaan BPK yang telah disusun secara jelas, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dari governing bodies IPU.

Bagikan konten ini: