BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Melakukan Video Conference dengan Sekjen PBB dalam Pertemuan ke-51 UN-IAAC

Jakarta, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agus Joko Pramono, bertemu dengan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), António Manuel de Oliveira Guterres, pada rangkaian Pertemuan United Nations (UN) Independent Audit Advisory Committee (IAAC) yang ke-51, pada 22 sampai dengan 24 Juli 2020, yang diselenggarakan secara virtual, pada Rabu (22/07/2020), mulai pukul 20.00 WIB.

Selain bertemu dengan Sekjen PBB, turut hadir dalam pertemuan ini anggota-anggota IAAC, antara lain Ketua IAAC Janet St. Laurent (Amerika Serikat), Wakil Ketua IAAC Richard Quartei Quartey (Ghana), Dorothy A. Bradley (Belize), dan Anton V. Kosyanenko (Russia) dan Executive Secretary IAAC, Moses Bamuwamye.

Pertemuan virtual dengan Sekjen PBB ini antara lain membahas mengenai pekerjaan rutin yang telah ditetapkan, melaporkan kegiatan IAAC kepada Sekjen PBB mulai sejak bulan Juli 2019, dan berdiskusi terkait masalah lainnya atas isu penting yang sedang menjadi perhatian.

Selain itu, agenda besar dalam rangkaian Pertemuan UN-IAAC ke-51 yang diselenggarakan pada 22 sampai dengan 24 Juli 2020 ini menitikberatkan pada empat pokok pembahasan yang antara lain adalah Persiapan laporan tahunan Komite, Peninjauan atas manajemen risiko perusahaan dan kerangka kerja pengendalian internal organisasi; Status implementasi rekomendasi oversight body PBB dan koordinasi dan kerja sama antar oversight body PBB.

Dalam masa pandemi COVID19, Pertemuan UN-IAAC ke-51 ini masih dapat dilaksanakan dengan baik, meski dilakukan secara virtual. Sebagai salah satu Anggota IAAC yang terpilih mewakili wilayah Asia Pasifik, Agus Joko Pramono turut berkontribusi menjalankan mandatnya secara maksimal yakni dalam membantu Majelis Umum (General Assembly) PBB dalam rangka memenuhi tanggung jawab pengawasan lembaga-lembaga di bawah PBB dan memastikan kepatuhan manajemen atas hasil pengawasan dan rekomendasi badan pengawas seperti Office of Internal Oversight Services (OIOS), Joint Inspection Unit (JIU) serta oversight body lainnya untuk masa jabatan 2020 sampai dengan 2022.

Bagikan konten ini: