BERITA UTAMA

Accountability for All Menjadi Slogan BPK di Berbagai Kegiatan

JAKARTA, Humas BPK - Melalui Rancangan Renstra BPK 2020-2024, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menetapkan visi yaitu “Menjadi Lembaga Pemeriksa Tepercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara”.

Hal itu disampaikan oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna sambutan dan arahan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Pelaksana BPK Tahun 2019 di Kantor Pusat BPK, di Jakarta, Kamis (19/12).

Ketua BPK mengatakan dalam pencapaian tujuan bernegara, BPK harus menguatkan perannya melalui kegiatan pemeriksaan. “Pada periode Renstra 2020-2024 ke depan, kita harus menguatkan peran BPK dalam pencapaian tujuan bernegara, melalui kegiatan pemeriksaan yang menjadi core business-nya,” ungkapnya.

Dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono dan Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I s.d. VII, Rakor Pelaksana BPK Tahun 2019 yang akan dilaksanakan selama dua hari (19 dan 20 Desember 2019) ini diikuti oleh para pejabat struktural di lingkungan BPK Pusat dan Perwakilan BPK.

Pada Rakor tersebut Ketua BPK menekankan beberapa hal mengenai arah kebijakan pemeriksaan BPK untuk tahun 2020. Ia berharap pada rakor ini setiap satuan kerja (satker) saling berkoordinasi dan menentukan kesepakatan rencana pemeriksaan untuk mengimplementasikan kebijakan pemeriksaan yang ditetapkan BPK.

Sementara itu, terkait bidang nonpemeriksaan, Ketua BPK mengungkapkan bahwa dalam berbagai kegiatan Pimpinan BPK telah menetapkan slogan yang akan diusung, yaitu “Akuntabilitas untuk Semua (Accountability for All)”. Hal ini bertujuan agar publik semakin memahami arti penting akuntabilitas keuangan negara. “Pimpinan BPK saat ini telah menetapkan slogan “Akuntabilitas untuk Semua (Accountability for All)”. Saya mengharapkan slogan ini dapat diwujudkan, melalui berbagai kegiatan,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Ketua BPK meminta satker untuk dapat menyelaraskan Rencana Kegiatan Pemeriksaan (RKP) maupun Rencana Kegiatan Sekretariat Jenderal dan Penunjang (RKSP) untuk Tahun 2020. Sehingga menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat untuk mewujudkan peran aktif BPK bagi pencapaian tujuan negara.

Bagikan konten ini: