BERITA UTAMA

BPK Menggelar BPK Goes to School agar Pelajar Memahami Peran dan Kedudukan BPK

21 November 2017

Sebanyak 200 orang siswa-siswi SMA Negeri 20 Jakarta menghadiri kegiatan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Goes to School, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Selasa (21/11/2017), di Jakarta. Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama BPK dengan Perpustakaan Nasional RI ini menghadirkan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar sebagai pembicara utama.

Mengangkat tema “Peran BPK dalam Mendorong Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara”, kegiatan yang dikemas dalam bentuk dialog terbuka ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pelajar serta para pengajar mengenai tugas dan wewenang BPK serta memahami kedudukan BPK dalam ketatanegaraan.

Dalam dialog dengan pelajar tersebut, Wakil Ketua BPK mengemukakan bahwa BPK memiliki peran memastikan pengelolaan keuangan negara dapat mewujudkan tujuan negara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas,” ungkapnya.

Selain memberikan pemaparan, pada kesempatan tersebut Wakil Ketua BPK juga memberikan motivasi kepada para pelajar untuk dapat meraih cita-cita dan menjadi orang yang berguna bagi negara. Selain itu, Wakil Ketua BPK juga berpesan agar para pelajar tidak selalu mengedepankan prasangka negatif terhadap pemerintah.

Pada kegiatan ini juga terdapat interaksi antara Wakil Ketua BPK dengan siswa-siswi yang hadir melalui sesi tanya jawab serta pemutaran film pendek bertemakan Kawal Harta Negara yang berjudul “Gosip”. Film tersebut merupakan salah satu pemenang pada kompetisi Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) 2017 yang diselenggarakan oleh BPK dan USAID.