BERITA UTAMA

Mengenal BPK Lebih Dekat

Kamis, 13 Desember 2012, Inspektur Utama BPK, Mahendro Sumardjo, membuka secara resmi Sosialisasi Mengenal BPK Lebih Dekat dengan tema “Upaya Mendorong Terwujudnya Tata Kelola Keuangan Negara yang Akuntabel dan Transparan Melalui Proses Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah”, di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Acara ini merupakan program BPK terkait dengan pencapaian salah satu tujuan strategis BPK untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pemangku kepentingan khususnya para penulis, editor dan penerbit buku tingkat pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk memberikan informasi secara lebih akurat, lengkap dan mutakhir mengenai perkembangan BPK serta tugas-tugas BPK khususnya dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Biro Humas dan Luar Negeri BPK, Bahtiar Arif, dengan para peserta anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) yang terdiri dari penulis, editor dan penerbit. Pada kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari internal dan eksternal BPK, yaitu Kepala Pusdiklat BPK, Dr. Cris Kuntadi, C.P.A yang memberikan pemaparan mengenai tugas BPK dalam melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara serta tugas, fungsi, dan kedudukan BPK.

Sementara itu, narasumber dari Kemendikbud yaitu Dr. Sumiyati, M.P.D. memaparkan mengenai kebijakan perbukuan nasional dalam Permendiknas No.2 Tahun 2008 tentang Buku. Sedangkan narasumber dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, memberikan pemaparan mengenai penyusunan dan pengembangan standar pendidikan nasional, dengan moderator Ketua Kompartemen Pendidikan, Latihan, Penelitian dan Pengembangan serta Informasi Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Bambang Trimansyah.

Dalam sambutannya, Irtama BPK mengatakan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dibangun oleh BPK dengan pemangku kepentingan yang terkait dengan proses pembelajaran di lingkungan pendidikan dasar dan menengah. Pengelolaan komunikasi dan informasi dalam lembaga pendidikan bagi BPK merupakan hal penting agar tercapai pemahaman mengenai tugas dan fungsi BPK. “Penyampaian informasi mengenai BPK melalui proses pembelajaran diharapkan dapat melahirkan dukungan terhadap peran BPK dalam upaya mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Lembaga pendidikan merupakan salah satu pemangku kepentingan BPK yang dapat mempengaruhi kelancaran pencapaian visi, misi, dan tujuan BPK,” ungkap Irtama.

Dari acara sosialisasi ini diharapkan informasi dan pengetahuan mengenai keuangan negara, khususnya pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dapat dimutakhirkan sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan BPK.

Bagikan konten ini: