BERITA UTAMA

Anggota I BPK Membuka Kegiatan Workshop TKDN Kementerian/Lembaga di Lingkungan AKN I

JAKARTA, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Nyoman Adhi Suryadnyana, membuka secara resmi kegiatan workshop dengan tema "Pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada Kementerian/Lembaga di Lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) I", di auditorium kantor pusat BPK, Jumat (2/12).

Dalam sambutannya, Anggota I BPK mengatakan dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2022 tentang P3DN dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

"BPK memandang perlu untuk melakukan workshop terkait pemenuhan TKDN dan saya berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan pemahaman yang memadai terkait P3DN dalam rangka pemenuhan target TKDN pada kementerian/lembaga, khususnya di lingkungan AKN I" ujar Anggota I BPK.

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas P3DN dalam belanja pemerintah tahun 2020 s.d. semester I 2022 pada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan instansi terkait lainnya, BPK menemukan permasalahan di antaranya adalah pengawasan dan evaluasi atas pengelolaan penggunaan produk dalam negeri belum sepenuhnya dilaksanakan dan dilaporkan.

Anggota I BPK mengungkapkan bahwa BPK telah mengambil langkah inisiatif supaya TKDN dan P3DN ini benar-benar dapat berjalan dan mengawal kebijakan pemerintah, serta melihat apakah pelaksanaannya sesuai yang diharapkan.

"Oleh karena itu, saya sampaikan bahwa TKDN dan P3DN ini akan menjadi concern BPK dalam melakukan pemeriksaan ke depannya, jadi pemeriksaan kami menitikberatkan salah satunya terhadap TKDN dan P3DN untuk menilai apakah kementerian/lembaga telah melaksanakan dengan baik dan benar," jelas Anggota I BPK.

Pada kesempatan tersebut, Anggota I BPK menjelaskan bahwa P3DN bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Selain itu, berdasarkan isu strategis dan hasil pemeriksaan terdahulu menunjukkan bahwa untuk mendukung tercapainya tujuan P3DN, diperlukan monitoring atas perkembangan realisasi pemenuhan target-target TKDN dengan menggunakan data yang akurat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) I, Akhsanul Khaq, dan para pejabat struktural maupun fungsional kementerian/lembaga di lingkungan AKN I.

Bagikan konten ini: