BERITA UTAMA

BPK Bagi Pengalaman Audit From Home di Era Pandemi dalam the 2nd SCEI Expert Group Webinar on COVID-19

JAKARTA, Humas BPK - SCEI Expert Group kembali menyelenggarakan webinar terkait topik pandemi COVID-19. Dengan mengambil topik "Remote Auditing: Technological Challenges and Solutions", yang diselenggarakan pada Jumat, (24/7/2020). Webinar kedua ini diikuti oleh kurang lebih 169 peserta dari berbagai lembaga pemeriksa (Supreme Audit Institution) yang merupakan anggota dari The International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI). Sebanyak 35 peserta diantaranya berasal dari berbagai satuan kerja di BPK Pusat dan Perwakilan,

Forum ini menampilkan 6 pembicara yang membagikan pengalaman mereka terkait tantangan teknologi dan solusi dalam melakukan pemeriksaan selama pandemi. Keenam pembicara tersebut berasal dari Rusia, Inggris, Indonesia, Peru, Perancis, dan Amerika Serikat.

Dalam webinar ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menunjuk perwakilannya sebagai pembicara yaitu Pemeriksa Muda pada Subauditorat II.B.1, Thopan Aji Pratama. Dalam presentasinya yang berjudul "Audit From Home: Financial Auditing during COVID-19 Pandemic, BPK Experience", Thopan memaparkan mengenai perubahan drastis yang dialami BPK untuk dapat tetap memenuhi tanggung jawab pemeriksaan yang diamanatkan Undang-Undang.

"Beberapa tantangan audit yang dihadapi BPK di masa pandemi ini meliputi antara lain dokumen auditee yang belum berbentuk paperless, keterbatasan infrastruktur TI, cara baru melakukan pertemuan dan wawancara, serta keterbatasan verifikasi fisik", jelas Thopan.

"Berbagai keterbatasan tersebut diatasi dengan strategi, antara lain dengan dikeluarkannya Peraturan BPK No. 4 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pemeriksaan Laporan Keuangan pada Masa Darurat, ditetapkannya alur distribusi kebijakan audit dan kebijakan informasi, penguatan infrastruktur TI untuk auditor, pengaplikasian kertas kerja elektronik, platform elektronik, serta perubahan pada manajemen tim audit", tambahnya.

Paparan dari BPK mendapat respons positif dari peserta, terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab. Kesempatan ini juga menjadi ajang untuk mengeksternalisasikan pengetahuan dan lessons learned BPK ke komunitas internasional.

SCEI merupakan organ di dalam INTOSAI yang bertugas memberikan masukan kepada Governing Board dan stakeholder INTOSAI terkait isu-isu terkini. Lingkup tugas SCEI mencakup penyusunan mekanisme lintas struktur untuk memantau isu-isu terkini yang berdampak pada INTOSAI dan para anggotanya.

Untuk diketahui, Webinar SCEI Expert Group yang pertama telah diselenggarakan pada 22 Juni 2020 dengan topik "Strategic Role of SAI in Addressing the Challenges Poses by COVID-19 Pandemic.

Bagikan konten ini: