BERITA UTAMA

BPK Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman dengan SAI Arab Saudi

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hendra Susanto memimpin delegasi BPK dalam pertemuan bilateral dengan Executive Vice President for Performance Audit of the General Court of Audit of the Kingdom of Saudi Arabia Abdullah Al Haiqi yang diselenggarakan secara daring, pada Rabu (15/11).

Pertemuan ini diselenggarakan atas inisiatif lembaga pemeriksa atau SAI Arab Saudi, agar BPK dapat membagikan pengetahuan dan pengalaman mengenai metodologi dan strategi pemeriksaan kinerja, serta peran lembaga pemeriksa dalam proses transisi akuntansi berbasis kas menuju akrual.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan terima kasih atas dukungan SAI Arab Saudi untuk pencalonan BPK sebagai tuan rumah Kongres Organisasi Lembaga Pemeriksa Tertinggi Internasional (INTOSAI) 2028.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua BPK juga menyerukan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam bentuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua lembaga pemeriksa, khususnya dalam bidang pemeriksaan kinerja dan peran lembaga pemeriksa dalam proses transisi dari akuntansi berbasis kas menuju akrual.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPK Bahtiar Arif mempresentasikan mengenai peran BPK dalam proses transisi dari akuntansi berbasis kas ke akuntansi berbasis akrual di Indonesia.

Presentasi tersebut mencakup landasan hukum, proses peralihan secara kronologis dari tahun ke tahun, tantangan yang dihadapi, dan pelajaran yang dipetik dari transisi akuntansi kas ke akrual. Selanjutnya, Sekjen BPK juga menyampaikan terkait metodologi dan strategi pemeriksaan kinerja baik dalam fase perencanaan, pemeriksaan lapangan, dan pelaporan, termasuk dampak pemeriksaan kinerja.

Pertemuan tersebut, diakhiri dengan penegasan kembali komitmen BPK dan SAI Arab Saudi untuk memperkuat kerja sama bilateral di bidang audit sektor publik, dengan mengeksplorasi peluang kerja sama dalam pelatihan dan pengembangan kapasitas pemeriksaan.

Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, Wakil Ketua BPK menyambut baik rencana SAI Arab Saudi untuk berkunjung ke Indonesia guna memperdalam pembahasan mengenai kedua topik dimaksud serta berdiskusi topik-topik lainnya, di antaranya mengenai topik Cyber Security - IT Audit dan mengunjungi Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK.

Bagikan konten ini: