BERITA UTAMA

BPK Berpartisipasi dalam Pertemuan APFSD ke-10 2023

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menghadiri secara virtual kegiatan 10th Asia-Pacific Forum on Sustainable Development (APFSD) yang diselenggarakan oleh komisi ekonomi dan sosial PBB untuk Asia Pasifik atau United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN ESCAP), Selasa (28/3).

Tema APFSD kali ini adalah mempercepat pemulihan dari coronavirus disease (COVID-19) dan implementasi penuh agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan di semua tingkatan di Asia Pasifik "Accelerating the recovery from the coronavirus disease (COVID-19) and the full implementation of the 2030 Agenda for Sustainable Development at all levels in Asia and the Pacific".

Dalam acara ini, BPK hadir sebagai bagian delegasi dari Republik Indonesia yang dikoordinir oleh Kementerian PPN/Bappenas. Delegasi BPK, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Yudi Ramdan Budiman, menyampaikan intervensi pada agenda 4: percepatan implementasi Agenda 2030 melalui Voluntary National Reviews (VNR). Pokok-pokok intervensi yang disampaikan antara lain:

  1. VNR merupakan peluang penting dalam perkembangan SDGs di Indonesia;
  2. VNR memiliki peran penting untuk membangun kerja sama dan berkontribusi pada SDGs implementasi di Indonesia. VNR direviu oleh BPK dimana VNR berfungsi untuk mereviu dan menilai akuntabilitas dan pencapaian implementasi SDG di Indonesia;
  3. Keterlibatan BPK telah mendorong pemerintah Indonesia untuk mengembangkan target baru program SDGs; dan
  4. Saat ini pemerintah Indonesia mendukung pemerintah daerah untuk mengembangkan dan menyampaikan VNR tingkat daerah.

APFSD merupakan forum tahunan tingkat regional Asia Pasifik untuk mendukung tindak lanjut dan reviu perkembangan Agenda 2030 untuk Pembangungan Berkelanjutan di tingkat regional Asia Pasifik. Pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan menuju High-Level Political Forum (HLPF) yang akan diselenggarakan di markas PBB di New York, Amerika Serikat. 10th APFSD ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Maret 2023 secara hybrid di Bangkok, Thailand.

Bagikan konten ini: