BERITA UTAMA

BPK dan ANAO Melaksanakan Joint Peer Review atas MNAO

ULANBAATAR, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi bagian dari Tim Joint Peer Review dengan Australian National Audit Office (ANAO) untuk Mongolia National Audit Office (MNAO), di Ulanbaatar Mongolia, pada 6 - 15 Maret 2023. Keikutsertaan reviewer BPK merupakan satu langkah maju dalam upaya peningkatan pengalaman pemeriksa BPK dalam pelaksanaan peer review.

Dalam kegiatan ini, ANAO menugaskan 3 (tiga) reviewer, yaitu Kristian Gage (sebagai Ketua Tim), Michael McGiillion, dan Lauren Dell. Sedangkan BPK menugaskan 2 (dua) reviewer, yaitu Fauzan Yudo Wibowo (Kasubdit Litbang Kinerja) dan Prima Liza (Kasubbid PKMP III).

Peer review tersebut dilaksanakan dengan pendanaan dari Asian Development Bank di bawah proyek "Strengthening the Capacity of the State Audit Organization". Adapun kerangka kerja atau framework yang digunakan untuk melaksanakan reviu adalah kriteria SAI Performance Management Framework (SAI PMF) yang dikembangkan INTOSAI.

Pada hari pertama (6/3), tim joint peer review bertemu dengan Auditor General MNAO, D. Zandanbat, dan jajaran manajemen MNAO untuk entry meeting. Dalam kesempatan tersebut, Auditor General MNAO menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada tim joint peer reviewer dan menegaskan rasa senangnya dapat bekerja sama dengan SAI lain.

Selain itu, disampaikan pula pentingnya kegiatan peer review ini untuk menunjukkan kepada publik bahwa MNAO telah melakukan peningkatan independensi dan tata kelola internal SAI. Kristian Gage, sebagai Ketua Tim Joint Peer Review menyampaikan apresiasi atas sambutan yang diterima dari Auditor General MNAO dan manajemen, serta berharap peer review berjalan lancar dan dapat melihat hasil dari proses reformasi hukum dan independensi yang dilakukan oleh MNAO.

Pelaksanaan peer review selama di Mongolia menggunakan metode reviu dokumen dan wawancara dengan jajaran di unit/departemen di MNAO, termasuk di antaranya dengan kantor State Audit Offices di beberapa provinsi dan ibu kota. Pertemuan juga dilaksanakan dengan staf di MNAO untuk mendapatkan gambaran implementasi beberapa hal terkait domain yang direviu.

Sebelumnya tim telah melaksanakan desk review bertempat di kantor masing-masing dan kemudian melakukan kerja bersama di Kantor Pusat BPK pada 27 Februari - 3 Maret 2023. Di sela-sela pelaksanaan peer review, para reviewer berkesempatan melaksanakan courtesy meeting dan diskusi dengan Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif. Dalam kesempatan tersebut dibahas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam melakukan peer review serta lessons learned dari pengalaman BPK ketika di peer review.

Bagikan konten ini: