BERITA UTAMA

BPK dan SAV Tingkatkan Kapasitas Pemeriksaan Melalui Joint Workshop

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Isma Yatun, menerima Deputy Auditor General, The State Audit Office of Vietnam (SAV), Doan Anh Tho, dan delegasi SAV di Kantor Pusat BPK, di Jakarta, Selasa (27/9). Pertemuan ini berlangsung dalam kegiatan Courtesy Meeting yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Joint Workshop antara BPK dan SAV.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama bilateral kedua negara pada tahun 2022 dan telah berlangsung sejak tahun 2011. Dalam Courtesy Meeting, Ketua BPK didampingi oleh Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, Acshanul Qosasi, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Auditor Utama Keuangan Negara III, Ahmad Adib Susilo, Auditor Utama Investigasi, Hery Subowo, serta Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman. Sedangkan dari Vietnam, delegasi SAV didampingi oleh Perwakilan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta, Nguyen Thi Hoai Huong.

Setelah Courtesy Meeting, acara berlanjut dengan pelaksanaan Joint Workshop, yaitu forum berbagi pengetahuan dan pengalaman kedua lembaga pemeriksa atau Supreme Audit Institution (SAI). Forum ini membahas dua topik utama, yakni Audit Covid-19 Response dan Corruption Fighting and Preventing.

Dalam sambutan pembukaan, Anggota III BPK menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Deputy Auditor General SAV. Menurut Anggota III BPK, topik yang dibahas relevan dan penting sebagai upaya meningkatkkan peran SAI dalam mendorong akuntabilitas keuangan negara dan tata kelola yang akuntabel, khususnya atas penanganan pemerintah dalam pandemi Covid-19 dan upaya pemberantasan korupsi.

Lebih lanjut, Anggota III BPK juga menyampaikan, bahwa dalam upaya mendorong akuntabilitas sektor publik tersebut, BPK telah menetapkan beberapa strategi untuk menilai pengelolaan keuangan negara, mendorong stabilitas sistem keuangan, dan mengawal program Pemerintah dalam penanggulangan bencana Covid-19. Antara lain, melalui audit universe untuk menilai kebijakan, program, serta pelayanan pemerintah terkait program mitigasi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) selama lima tahun sejak 2020-2024.

Sedangkan dalam pemberantasan korupsi, BPK telah mengembangkan standar audit yang berpedoman pada ISSAI 5700 untuk pemeriksaan pencegahan korupsi dan berperan aktif mencegah korupsi melalui pembenahan sistem dan pembentukan Auditorat Utama Investigasi pada 2016.

Sementara itu, Deputy Auditor General SAV,dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada BPK atas berbagai dukungan serta bantuan yang telah diberikan selama ini, khususnya pada bidang audit lingkungan. Dirinya berharap joint-workshop ini dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan organisasi kedua institusi, serta mendorong kegiatan saling berbagi secara tatap muka pasca-COVID-19 guna meningkatkan efektivitas kegiatan kerja sama bilateral di antara kedua SAI.

Pada sesi pertama yang membahas topik Audit Covid-19 Response, narasumber adalah Auditor Utama Keuangan Negara III BPK dan Director General of Specialized Audit Department No.III SAV, Le Tung Lam, serta dimoderatori oleh Kepala Biro Humas dan KSI BPK. Sedangkan sesi kedua dengan topik Corruption Fighting and Preventing narasumber adalah Auditor Utama Investigasi BPK dan Director General of Audit Training Institute SAV, Tran Kim Loc, serta dimoderatori oleh Deputy Director General of International Cooperation, Nguyen Viet Hung.

Sebagai kelanjutan implementasi kerja sama bilateral, kedua SAI telah sepakat untuk menyelenggarakan kembali workshop serupa di Vietnam pada tahun 2023 dengan waktu dan topik yang akan disepakati kedua institusi.

Bagikan konten ini: