BERITA UTAMA

BPK Memberikan Kontribusi Signifikan dalam Simposium UN/INTOSAI ke-26

WINA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) berpartisipasi dalam Simposium UN/INTOSAI ke-26, yang berlangsung pada tanggal 16 s.d. 18 April 2024 di Vienna International Center, Wina, Austria. Kegiatan yang diselenggarakan oleh INTOSAI bekerjasama dengan PBB setiap dua tahun sekali ini dihadiri oleh 224 peserta dari 82 Supreme Audit Institutions (SAI) di seluruh dunia.

Dengan tema "Implementation of SDG 13 on climate action: Role, contribution and experience of Supreme Audit Institutions (SAIs)", simposium ini menyoroti praktik-praktik SAI dalam memeriksa dampak perubahan iklim, kondisi-kondisi yang memungkinkan untuk memeriksa tindakan iklim, dan penguatan tindakan iklim melalui hasil pemeriksaan perubahan iklim. Simposium ini dibuka oleh INTOSAI Secretary General Margit Kraker, Under-Secretary-General for Economic Development, UNDESA Li Junhua, dan Chair of the INTOSAI Governing Board Bruno Dantas.

Dalam simposium ini, Ketua BPK Isma Yatun menyampaikan presentasi terkait pengalaman dalam pemeriksaan perubahan iklim. Isma Yatun menyoroti pentingnya peran sentral badan pemeriksa dalam menghadapi perubahan iklim dengan memastikan bahwa pemerintah dan pemangku kepentingan terus berkomitmen untuk mengimplementasikan kebijakan-kebijakan terkait iklim secara efektif, sebagaimana yang tertuang dalam kesepakatan Paris Agreement.

Ketua BPK juga menegaskan kerentanan Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar, terhadap risiko perubahan iklim dan menguraikan strategi komprehensif yang telah diintegrasikan dalam prioritas nasional. Pemeriksaan BPK berfokus pada mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dengan penekanan khusus pada kontribusi sektor energi terhadap emisi gas rumah kaca.

Dalam hal mitigasi perubahan iklim, BPK telah melakukan pemeriksaan atas efekivitas kebijakan, peraturan dan investasi dalam mendorong transisi energi dengan mengurangi ketergantungan atas bahan bakar fosil. Pemeriksaan tersebut telah mempengaruhi perubahan peraturan terkait energi terbarukan yang mendorong investasi dan pengembangan infrastruktur. Dampak dari hasil pemeriksaan BPK antara lain berkontribusi pada meningkatnya ketersediaan suplai atas energi terbarukan.

Terkait adaptasi perubahan iklim, pemeriksaan BPK fokus pada water resources management dan disaster management. Hasil pemeriksaan mendorong kolaborasi pemerintah, sektor privat, non-profit organisasi dan masyarakat lokal untuk mendorong pembangunan infrastruktur penyediaan air dan mendorong tindakan proaktif untuk melakukan mitigasi atas risiko-risiko yang timbul.

Selain sebagai pembicara, BPK juga berperan sebagai moderator pada sub-theme 3: Strengthening Climate Action-Impacts of Climate Change Audits yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Edward G H Simanjuntak. Partisipasi BPK dalam simposium ini menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya global dalam menghadapi perubahan iklim dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Bagikan konten ini: