BERITA UTAMA

BPK Selenggarakan Virtual Workshop on Performance Auditing on Modern Fisheries: Knowledge Sharing for ASEANSAI

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selaku Project Leader ASEANSAI Knowledge Sharing Committee (KSC) Activity on Modern Fisheries, menyelenggarakan Virtual Workshop on Performance Auditing on Modern Fisheries: Knowledge Sharing for ASEANSAI pada Kamis (12 Agustus 2021).

Workshop yang dihadiri sekitar 72 peserta yang merupakan auditor dari negara anggota ASEAN Supreme Audit Institutions/ASEANSAI (organisasi lembaga pemeriksa negara anggota ASEAN) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas audit para auditor dalam bidang modern fishery audit melalui pertukaran ide, pengalaman, dan praktik audit.

Bersama dengan sambutan pembukaan dari Sayed Alwee Hussnie Sayed Hussin sebagai perwakilan Ketua ASEANSAI KSC, Anggota IV BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV Isma Yatun, turut membuka workshop tersebut secara resmi.

Dalam sambutannya, Anggota IV BPK menyampaikan bahwa negara-negara ASEAN terhubung dengan sungai dan laut dimana industri perikanan memainkan peranan utama dalam keberlanjutan ekonomi serta kehidupan masyarakat di dalamnya. Dengan potensi ekonomi yang dimiliki industri tersebut, serta seiring dengan perkembangan teknologi modern, manajemen perikanan menjadi prioritas bagi pemerintah sehingga dapat menilai keseimbangan ekologi yang berkelanjutan serta menghindari eksplotasi yang berlebihan.

Dalam kaitannya dengan hal ini, Anggota IV BPK menekankan perlunya kerja sama antara pemerintah dengan Badan Pemeriksa Keuangan terutama dalam mensukseskan capaian agenda 2030. Lebih lanjut, Anggota IV BPK juga menyampaikan harapan agar workshop ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dengan adanya pertukaran pengalaman serta praktik terbaik dan perspektif baru atas bidang modern fisheries (perikanan modern).

Workshop ini turut menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, pemerintah, serta profesional dari SAI Norwegia maupun dari BPK. Selain dihadiri oleh peserta dari kalangan auditor ASEANSAI, workshop juga dihadiri oleh Tim Expert dari Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) IV, para undangan pejabat Pimpinan Tinggi Madya, serta dari Biro Humas dan Kerja Sama Internasional.

Workshop ditutup secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPK Bahtiar Arif. Sekjen BPK menekankan bahwa kegiatan yang berlangsung tidak hanya meliputi pertukaran ilmu dan pengalaman saja, namun juga merupakan bentuk demonstrasi hubungan dan kerja sama yang baik antara ASEANSAI dengan para pemangku kepentingan (stakeholders). Lebih lanjut, Sekjen BPK menyampaikan penghargaan kepada para pembicara dan panitia penyelenggara atas terlaksananya workshop tersebut.

Sebagai tindak lanjut dari workshop, BPK sebagai Project Leader akan menyusun ringkasan kegiatan dan menyampaikan laporan tersebut kepada komunitas ASEANSAI.

Bagikan konten ini: