BERITA UTAMA

Perkuat dan Tingkatkan Kapasitas Audit, Ketua BPK Sambut Delegasi SAI Arab Saudi

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun menyambut kedatangan delegasi General Court of Audit (GCA) of the Kingdom of Saudi Arabia atau SAI Arab Saudi untuk memperkuat kapasitas kedua institusi dan memperdalam pemahaman mengenai pemeriksaan keuangan.

"Terima kasih atas kepercayaan GCA of the Kingdom of Saudi Arabia yang telah memilih BPK sebagai rekan diskusi dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk memperdalam kapasitas audit, khususnya dalam topik yang dibahas dalam pertemuan ini," ungkap Ketua BPK dalam courtesy meeting di kantor pusat BPK, Jakarta, Senin (22/1).

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Tri Dharma Arthasantosha itu, Ketua BPK mengapresiasi kerja sama dengan SAI Arab Saudi untuk meningkatkan kapasitas audit dan berharap pertemuan ini dapat memperkuat hubungan bilateral antara BPK dan SAI Arab Saudi.

Tidak hanya itu, kepada delegasi SAI Arab Saudi yang dipimpin Vice President for Performance Audit GCA Abdullah Al Haigi, Ketua BPK juga menyampaikan apresiasi atas dukungan SAI Arab Saudi pada pencalonan BPK sebagai tuan rumah Kongres Organisasi Lembaga Pemeriksa Tertinggi Internasional (INTOSAI) 2028.

Pertemuan ini merupakan awal dari rangkaian kunjungan bilateral yang berlangsung selama dua hari. Kunjungan dilakukan atas permintaan SAI Arab Saudi dengan tujuan agar BPK dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan pemeriksaan.

Khususnya dalam bidang perencanaan, evaluasi, dan analisis kebijakan audit, indikator kinerja utama, manajemen risiko, metodologi pemeriksaan kinerja dan monitoring tindak lanjutnya, audit atas kesejahteraan masyarakat dan layanan publik, dan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Vice President for Performance Audit GCA Abdullah Al Haigi menyampaikan Kerajaan Arab Saudi dan Indonesia memiliki komitmen yang sama dalam menerapkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, dan pemerintahan yang efektif.

Kunjungan delegasi SAI Arab Saudi kali ini, menggarisbawahi komitmen dan dedikasi untuk memperkuat kapasitas kedua institusi dan memperdalam pemahaman mengenai praktik-praktik terbaik dalam pengawasan keuangan publik.

Pertemuan ini diakhiri dengan penegasan kembali komitmen BPK dan SAI Arab Saudi untuk memperkuat kerja sama bilateral di bidang audit sektor publik, dengan mengeksplorasi peluang kerja sama dalam pelatihan dan pengembangan kapasitas pemeriksaan.

Selanjutnya, delegasi SAI Arab Saudi melaksanakan diskusi dengan pimpinan unit kerja terkait dengan topik diskusi.

Bagikan konten ini: