BERITA UTAMA

Kunjungan Ketua BPK ke Office of Auditor General Nepal dan Office of Auditor General Pakistan

Pada tanggal 17-23 April 2016, Ketua BPK, Harry Azhar Azis bersama dengan delegasi BPK yang terdiri dari Slamet Riyadi (Kepala Auditorat III.B), Dwi Setiawan Susanto (Kepala Pusdiklat), Ria Anugriani (Kepala Biro Teknologi Informasi), Tri Widyantoro (Senior Auditor III.B) serta perwakilan dari Humas Kerjasama Internasional, melakukan kunjungan ke Office of Auditor General Nepal (OAGN) di Kathmandu dan Office of Auditor General Pakistan (OAGP) di Islamabad. Kunjungan ini dimaksudkan untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman di bidang Audit on Disaster Management dan Database Management serta bidang Training Development dan External Auditor.

Pada hari pertama kunjungan, delegasi BPK melakukan pertemuan dengan Auditor General Nepal, Bhanu Prasad Acharya, untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman di bidang Audit on Disaster Management dan Database Management, terkait dengan pengalaman Nepal dalam menangani bencana gempa bumi yang terjadi pada tanggal 25 April 2015. Ketua dan delegasi BPK juga melakukan pertemuan dengan Ketua Public Accounts Committee Nepal, Janardan Sharma, dan berbagi pengalaman mengenai keberadaan Komite Akuntansi Publik dalam membantu penyampaian hasil dan rekomendasi audit badan pemeriksa keuangan kepada parlemen di kedua negara.

Selanjutnya pada tanggal 21 April 2016, delegasi BPK melanjutkan kunjungan ke Islamabad. Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Republik Islam Pakistan, M. Ishaq Dar, disampaikan bahwa pemerintah Pakistan mendukung kerjasama yang lebih erat diantara Indonesia dan Pakistan melalui kerjasama bilateral antara BPK RI dengan Office of Auditor General Pakistan (OAGP). Kerjasama ini dimaksudkan dapat meningkatkan kapasitas diantara kedua institusi yang akan berimbas pada peningkatan manfaat bagi umat Muslim dan dunia secara global.

Selanjutnya, delegasi BPK bertemu dengan Auditor General Pakistan, Rana Assad Amin, dan saling bertukar pengetahuan dan pengalaman di bidang Training Development dan External Auditor. OAG Pakistan telah memiliki pengalaman menjadi eksternal auditor pada beberapa lembaga internasional di PBB dan BPK berkesempatan menimba ilmu sebagai masukan dalam peran perdana BPK sebagai eksternal auditor bagi International Atomic Energy Agency (IAEA) di tahun 2016 ini. Hasil pertemuan akan ditindaklanjuti melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama bilateral dalam bidang audit sektor publik antara BPK RI dan OAGP yang sedang dipersiapkan oleh kedua institusi.

Agenda lain selama di Pakistan adalah pertemuan dengan Controller General of Account Pakistan dan Public Accounts Committee Pakistan. Agenda ditutup dengan tatap muka Ketua BPK dengan para mahasiswa Indonesia di Islamabad.

Bagikan konten ini: