BERITA UTAMA

Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan CTI-CFF Tahun 2023

JAKARTA, Humas BPK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahtiar Arif memimpin kegiatan entry meeting pemeriksaan laporan keuangan organisasi internasional Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF) tahun anggaran 2023 di kantor pusat BPK, Jakarta, Senin (22/4).

Pemeriksaan laporan keuangan CTI-CFF ini merupakan mandat penunjukan BPK sebagai pemeriksa eksternal organisasi tersebut, sebagaimana hasil keputusan Executive Committee CTI-CFF yang disampaikan pada Maret lalu.

CTI-CFF adalah organisasi internasional dengan kantor sekretariat regional berlokasi di Manado, Indonesia. CTI - CFF menjadi wadah kemitraan multilateral dari enam negara (Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste) yang bekerja bersama untuk menjaga sumber daya laut dan pesisir dengan mengatasi isu-isu penting seperti keamanan pangan, perubahan iklim, dan keanekaragaman hayati laut.

Pada rapat tersebut, Sekjen BPK sebagai Penanggung Jawab pemeriksaan LK CTI-CFF, menyampaikan kepada Direktur Executive Committee Frank Keith Griffin dan manajemen CTI-CFF lainnya, antara lain mengenai ruang lingkup pemeriksaan, tujuan, metodologi, dan standar pemeriksaan yang akan digunakan pada pemeriksaan tersebut. Selanjutnya, dijelaskan pula fokus pemeriksaan serta rencana pemantauan atas rekomendasi pemeriksaan Laporan Keuangan CTI-CFF yang dilakukan oleh eksternal auditor tahun sebelumnya.

Sementara itu, Frank Keith Grifin menyampaikan antusias manajemen CTI-CFF atas rencana pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan tahun 2023 yang akan dilakukan oleh BPK, serta menyatakan komitmen mereka untuk memberikan akses data maupun dokumen yang diminta tim pemeriksa agar tujuan dan harapan pemeriksaan dapat tercapai sesuai dengan waktu pemeriksaan yang telah disepakati bersama.

Pihak manajemen CTI-CFF juga menjelaskan informasi mengenai organisasi CTI-CFF dan lingkup pemeriksaan yang diharapkan dari pemeriksaan laporan keuangan CTI-CFF yang dilakukan oleh BPK.

Selanjutnya, Sekjen BPK juga menjelaskan mengenai ISA 260 Those Charged with Governance' (TCWG) dan pentingnya komunikasi atas pemeriksaan untuk juga dilakukan dengan unsur TCWG dari organisasi tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut, pihak manajemen CTI-CFF lainnya yaitu Deputy Executive Director of Corporate Services Hanung Cahyono, Deputy Executive Director of Program Service Christovel Rotinsulu, dan Communication and Information Manager Dewi Satriani. Sementara dari tim pemeriksa BPK, turut hadir yaitu Kepala Pusat Kemitraan Global Ikhtaria Syaziah selaku Wakil Penanggung Jawab Pemeriksaan, serta tim pemeriksa, dari unsur pengendali teknis, ketua tim, dan anggota tim.

Bagikan konten ini: