BERITA UTAMA

A Day With The Board, Membangun Kebersamaan dan Meningkatkan Budaya Kerja

03 Agustus 2019

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahrullah Akbar mengisi kegiatannya selama sehari penuh di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Rangkaian kegiatan Wakil Ketua selama di Badiklat yang dikemas dengan tema “A Day With The Board“ adalah pembukaan Porseni Badiklat PKN BPK, mengajar kelas Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP), membuka Round Table Discussion (RTD) Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter di Ruang Theater Badiklat, serta memimpin pertemuan antara Badiklat PKN BPK dengan lembaga pendidikan lain.

Mengawali rangkaian acara tersebut, Wakil Ketua bersama istri dan pegawai BPK bersepeda dari kediaman Wakil Ketua BPK menuju Badiklat PKN BPK di Kalibata. Setibanya di Badiklat, Wakil Ketua BPK mengikuti senam aerobik bersama manajemen dan staf pegawai Badiklat dan memberikan pengarahan kepada peserta diklat CPNS 2019. Pembukaan Porseni Badiklat dalam rangka HUT 74 RI ini ditandai dengan memanah target balon dan penyerahan bola volley.

Di sela acara Pembukaan Porseni tersebut, Wakil Ketua melebur bersama pegawai dan peserta diklat mencoba bermain panahan, tenis meja, dan shooting basket serta menyumbangkan beberapa lagu diiringi Garden Music Gita Arsa Band Badiklat. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) III dan Staf Ahli serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

Usai membuka Pekan Olah Raga, Bahrullah Akbar mengajar kelas Diklat JFP Ahli Pertama di Aula Badiklat. Diawali sambutan yel-yel yang membahana dari 112 orang peserta Diklat JFP Ahli Pertama baik dari Akuntansi maupun Non Akuntansi, Wakil Ketua BPK mengingatkan betapa pentingnya kejujuran dimulai dari pendidikan awal auditor, agar budaya organisasi dan budaya kerja BPK semakin memperteguh integrasi, independensi, dan profesionalitas lembaga. Selain itu, Bahrullah Akbar juga berbagi tentang pengalamannya selama berkarir di BPK. Hal ini ditujukan untuk memberikan motivasi kepada para peserta Diklat.

Tidak hanya diisi dengan kegiatan bersama internal BPK, kegiatan Wakil Ketua BPK di Badiklat hari itu juga diisi dengan acara yang melibatkan pihak eksternal BPK. Adapun kegiatan tersebut yaitu Round Table Discussion (RTD). RTD merupakan kegiatan diskusi untuk anggota ACFE Indonesia, dimana anggota dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai topik kegiatan anti-fraud yang bersifat teknis.

RTD ini juga dihadiri oleh Kepala Badiklat PKN BPK, Hery Subowo selaku Director of Training ACFE Indonesia Chapter dan Indra Widjaja selaku Vice President ACFE Indonesia Chapter. Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten yaitu Tortama KN VII BPK, Akhsanul Khaq dan Komisaris Utama Pefindo Biro Kredit, Hamdi Hasyarbaini, serta Moderator Director of Organizational Development ACFE Indonesia Chapter, Maliki Heru Santosa. Bertempat di Ruang Theater Gedung ELC Lt. IV yang dipenuhi oleh 100 orang, acara ini berlangsung selama 2 jam dengan diskusi yang cukup hangat seputar "Fraud di Pasar Modal".

Wakil Ketua BPK mengakhiri kegiatannya di Badiklat dengan memimpin pertemuan antara Kepala Badiklat PKN BPK dan Sekjen BPK dengan Deputy Director ASEAN China Teacher Training and Development Center, Prof. Dr. AB Susanto dan Kepala Program Studi Magister Akuntansi Universitas Padjadjaran, Dr. Tettet Fitrijanti. Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara Badiklat PKN BPK dengan lembaga pendidikan nasional dan internasional.

Adapun seluruh rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh Badiklat PKN BPK ini diselenggarakan dalam rangka membangun kebersamaan dan meningkatkan budaya organisasi dan budaya kerja di BPK khususnya Badiklat PKN BPK. Kegiatan ini nantinya akan rutin dilaksanakan dengan menghadirkan Pimpinan dan Anggota BPK secara bergantian setiap bulan.