BERITA UTAMA

Anggota V BPK Tegaskan Akan Terus Tingkatkan Kualitas Hasil Pemeriksaan

BANDAR LAMPUNG, Humas BPK - Peningkatan kualitas hasil pemeriksaan, akan tercermin dari pemanfaatan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) oleh para pengguna, sebagai referensi dalam proses pengambilan keputusan dan kebijakan. Hal itu disampaikan oleh Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Bahrullah Akbar usai menyaksikan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung, pada Senin (9/11).

Bahrullah Akbar mengatakan, BPK akan terus meningkatkan efektivitas sistem pengendalian mutu (Quality Controll), maupun peningkatan efektivitas keyakinan mutu (Quality Assurance) pada tingkat pemeriksaan maupun kelembagaan, sehingga diperoleh hasil pemeriksaan yang berkualitas.

"Sesuai dengan amanah dan mandat konstitusi yang diberikan kepada BPK, BPK akan terus berupaya untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional melalui pemeriksaan keuangan negara," ungkapnya pada kegiatan yang berlangsung di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Lampung, di Bandar Lampung tersebut.

Menurut Anggota V BPK, upaya tersebut sejalan dengan Visi BPK yang tercantum dalam Rencana Strategis BPK Tahun 2020 - 2024, yaitu "Menjadi lembaga pemeriksa tepercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat, untuk mencapai tujuan bernegara".

Hadir dalam sertijab tersebut Auditor Utama Keuangan Negara V, Akhsanul Khaq, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Bupati dan Walikota, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung, serta tamu undangan dari lingkungan instansi vertikal dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Dengan sertijab ini, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung telah resmi diemban oleh Andri Yogama, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan pada BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu menggantikan Hari Wiwoho yang telah dilantik sebagai Kepala Auditorat IV.B pada Auditorat Utama Keuangan Negara IV.

Pada kesempatan tersebut, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa kegiatan promosi, rotasi, dan mutasi tersebut, merupakan upaya yang harus selalu dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK, yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme.

Mutasi terhadap para pejabat struktural di lingkungan BPK, Bahrullah menjelaskan, dilakukan tidak hanya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan organisasi semata, namun diharapkan pula dapat menjadi salah satu cara untuk menyegarkan lingkungan kerja, serta mendorong semangat bagi para pejabat dalam meningkatkan kinerjanya di unit kerja yang baru.

"Sebagai organisasi yang dinamis, BPK secara terstruktur dan sistematis melakukan promosi, rotasi, dan mutasi bagi para pejabat dan pegawainya," ucapnya pada kegiatan yang juga disaksikan oleh para pelaksana di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Lampung.

Menutup sambutannya, Bahrullah Akbar berharap Kepala Perwakilan BPK mampu memperkokoh keberadaan BPK di Provinsi Lampung dan memberikan kontribusi nyata dalam turut mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik, serta dapat terus membina komunikasi yang baik dengan seluruh satuan kerja di Provinsi Lampung.

Selain itu, para pemangku kepentingan BPK di Provinsi Lampung, juga diharapkan dapat terus menjaga komunikasi dan kerja sama yang telah berlangsung secara baik, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan daerah.

Bagikan konten ini: