BERITA UTAMA

ASEANSAI Video Conference Meeting 2020

JAKARTA, Humas BPK - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak terhadap berbagai kegiatan baik nasional maupun internasional. Di komunitas sub regional Asia Tenggara, pandemi ini telah memengaruhi pelaksanaan kegiatan organisasi badan pemeriksa negara-negara anggota ASEAN atau (ASEAN Organization of Supreme Audit Institutions) ASEANSAI tahun 2020. Akibat pandemi tersebut banyak kegiatan training, workshop, dan sharing session ditunda.

BPK sebagai Sekretariat ASEANSAI, memfasilitasi pelaksanaan ASEANSAI Video Conference 2020. Pertemuan dimaksudkan untuk menyepakati penyesuaian kegiatan ASEANSAI tahun 2020 yang sudah dirancang oleh semua Komite. Isu ini dibahas dalam Video Conference Meeting pada 12 Juni 2020 yang diikuti oleh Executive Committee, para Ketua Komite dan Sekretariat yang difasilitasi oleh Sekretariat ASEANSAI

Video conference yang diikuti oleh 26 peserta dari 6 (enam) negara anggota, sebagai perwakilan dari Executive Committee, Ketua Komite, dan Sekretariat ASEANSAI, secara resmi dibuka oleh Tuan Haji Khalid Khan bin Abdullah Khan, Deputy Auditor General (Performance) of SAI Malaysia sebagai perwakilan Ketua ASEANSAI.

Selanjutnya, video conference ini dipimpin oleh Bahtiar Arif (Sekretaris Jenderal BPK) sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI. Isu yang dibahas mencakup revisi Kalender Kegiatan ASEANSAI 2020, Subject Matter Experts untuk program ASEANSAI, pelaksanaan Executive Committee Meeting dan pembahasan Legal Capacity Issues, Action Plan untuk Rencana Strategis 2022-2025; pelaksanaan Virtual Sharing Knowledge tentang bagaimana ASEANSAI Menanggapi COVID-19, action plan pelaksanaan environment cooperative audit serta paparan terkait program IDI-KSC-ASOSAI Cooperative Audit for SDG Implementation: Strong & Resilient National Public Health (linked to SDG 3D).

Pertemuan berjalan dengan lancar dengan kesepakatan untuk mendukung suksesnya kegiatan ASEANSAI. Sebagai tindak lanjut, Sekretariat ASEANSAI akan memfasilitasi koordinasi semua komite untuk melakukan penyesuaian kalender ASEANSAI 2020 dan mengkomunikasikannya dengan stakeholder terkait, serta beberapa action plan dari pertemuan ini adalah kegiatan Knowledge Sharing Committeee (KSC) dan Strategic Plan Committee (SPC) dengan melibatkan INTOSAI Development Initiative (IDI) dan Swedish National Audit Office (SNAO).

Bagikan konten ini: