BERITA UTAMA

Beri Kuliah Umum, Anggota I BPK Ajak Taruna AAL Tingkatkan Potensi dalam Kepemimpinan

SURABAYA, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Nyoman Adhi Suryadnyana menyampaikan sejumlah pesan kepada taruna dan taruni Akademi Angkatan Laut (AAL), salah satunya agar mereka senantiasa meningkatkan potensi diri khususnya dalam kepemimpinan.

Hal ini disampaikan Anggota I BPK saat memberikan kuliah umum bertajuk "Membangun Organisasi yang Transparan dan Akuntabel dalam rangka Mewujudkan AL yang Disegani di Kawasan" di AAL Bumimoro, di Surabaya, Senin (19/2).

"Untuk menjadi pemimpin bangsa, ada proses yang harus dilakukan, salah satunya adalah pembentukan karakter. Saya yakin di Akademi Angkatan Laut, pada taruna dan taruni akan terbentuk karakter jiwa yang disiplin, memiliki inovasi, dan berintegritas," kata Anggota I BPK.

Visi Indonesia Emas 2045 adalah sebuah gagasan ideal bagi Indonesia untuk menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur pada usia yang ke-100 pada tahun 2045. Menurut Anggota I BPK, perwujudan gagasan ideal dalam visi tersebut, tidak dapat dipisahkan dari dukungan sumber daya yang dimiliki dalam tata kelola keuangan negara.

Oleh karena itu, TNI AL sebagai lembaga pengelola keuangan negara, dan BPK sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara, memiliki peran penting dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas untuk mencapai cita-cita besar di 2045 tersebut.

"Sebagai calon pemimpin-pemimpin di masa depan, taruna AAL harus memiliki pemahaman terkait dengan bagaimana mengelola keuangan negara dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat membawa manfaat yang terbesar untuk rakyat," jelasnya dalam kegiatan yang dihadiri Inspektur Jenderal AL Laksamana Muda TNI Rubiyanto dan Gubernur AAL Mayor Jenderal (Marinir) Endi Supardi.

Dalam kuliah umumnya, Anggota I BPK menyampaikan berbagai hal penting yang relevan dengan transparansi dan akuntablitas pengelolaan keuangan negara. Salah satunya adalah mengenai tugas dan wewenang BPK dalam pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Selain mengisi kuliah umum, di hari yang sama, Anggota I BPK juga melaksanakan kegiatan entry meeting pemeriksaan laporan keuangan pada satuan kerja daerah/wilayah Provinsi Jawa Timur sebagai objek pemeriksaan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) I BPK.

Entry meeting yang dilaksanakan di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur tersebut, dihadiri para pimpinan satuan kerja vertikal di wilayah Provinsi Jawa Timur, antara lain Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya, dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Jawa Timur.

Hadir mendampingi Anggota I BPK di antaranya, Auditor Utama Keuangan Negara I Akhsanul Khaq, pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan AKN I, Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Karyadi, serta para pemeriksa di lingkungan AKN I BPK.

Bagikan konten ini: