BERITA UTAMA

BPK Berikan Opini WTP atas Laporan Keuangan Sekretariat Regional CTI-CFF Tahun 2023

JAKARTA, Humas BPK - Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif selaku auditor in charge menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Sekretariat Regional Organisasi Internasional Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) tahun buku 2023. Laporan hasil pemeriksaan tersebut diterima oleh Executive Director Sekretariat Regional CTI-CFF Frank Keith Griffin, di kantor pusat BPK, di Jakarta, Senin (20/05).

Executive Director CTI-CFF didampingi oleh Deputy Executive Director of Corporate Services Hanung Cahyono, Deputy Executive Director of Program Services Christovel Rotinsulu, dan Finance and Operation Manager Reita Kalalo. Turut hadir dalam pertemuan tersebut tim pemeriksa laporan keuangan CTI-CFF Ikhtaria Syaziah, Pitriyanti, Muhammad Hammam, Devita Hotmauli, Mokhamad Meydiansyah, Mohamad Nohan, dan Iman Hadi Sayogo.

Hasil pemeriksaan yang disampaikan BPK menyatakan bahwa laporan keuangan Sekretariat Regional CTI-CFF tahun buku 2023 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pencapaian tersebut mencerminkan komitmen dan upaya Sekretariat Regional CTI-CFF dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan organisasi.

"Kami mengapresiasi kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran CTI-CFF Regional Secretariat dalam mencapai opini WTP ini," ujar Sekretaris Jenderal BPK dalam sambutannya.

"Opini ini menjadi bukti bahwa pengelolaan keuangan organisasi telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku," tambahnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal BPK juga menyampaikan poin-poin hasil pemeriksaan kepada manajemen beserta rekomendasi untuk perbaikan tata kelola pengelolaan keuangan, antara lain mengkaji kemungkinan penerapan IPSAS, kebijakan dan prosedur terkait pembayaran kontribusi negara anggota yang melewati batas waktu, kejelasan hukum atas penggunaan premise melalui ratifikasi atas host country agreement, dan peningkatan pada sistem pelaporan keuangan.

Manajemen Sekretariat Regional CTI-CFF yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik hasil pemeriksaan BPK dan berkomitmen untuk menyelesaikan rekomendasi tersebut, serta terus meningkatkan tata kelola keuangan Sekretariat Regional CTI-CFF di masa mendatang. Selain itu, disampaikan juga apresiasi dan ucapan terima kasih atas independensi dan profesionalitas tim pemeriksa serta kerja sama yang baik selama pelaksanaan pemeriksaan.

Bagikan konten ini: