BERITA UTAMA

BPK dan JAN Malaysia Selenggarakan Pertemuan Teknis ke-19

KUALA LUMPUR, Humas BPK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Jabatan Audit Negara (JAN) Malaysia perkuat kerja sama bilateral dengan kembali menggelar Pertemuan Teknis ke-19 pada 4 s.d. 5 November 2019. Dalam pertemuan tersebut, delegasi BPK dipimpin oleh Anggota IV BPK, Isma Yatun, didampingi Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif. Bertindak sebagai tuan rumah, delegasi JAN Malaysia dipimpin oleh Auditor General JAN Malaysia, Dato' Nik Azman Nik Abdul Majid, didampingi oleh Deputy Auditor General, Haji Khalid Khan bin Abdullah Khan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua institusi saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan membahas empat isu utama seputar Sustainability Development Goals (SDGs), Assessing the Achievement of Government Programs, Audit on Security Enforcement at Malaysia – Indonesia Border Area, dan Audit on Public Private Partnership (PPP) Project.
Dalam sambutannya, Anggota IV BPK menekankan pentingnya peran badan pemeriksa dalam mengawal dan mendorong keberhasilan program-program prioritas pemerintah untuk mencapai tujuan nasional. Beliau juga menyoroti pentingnya pengelolaan bersama isu-isu yang berkenaan dengan SDG's dan juga pencapaian stabilitas ekonomi dan keamanan di wilayah perbatasan. Hal ini sejalan dengan program prioritas pemerintah kedua negara, Indonesia dan Malaysia.

DalamSementara itu, Auditor General JAN Malaysia menyampaikan bahwa JAN berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama bilateral yang telah terjalin selama ± 12 tahun. Beliau mengharapkan kerja sama kedua institusi akan mendorong terciptanya akuntabilitas di kedua negara dan dapat mendukung penyelesaian permasalahan yang dihadapi sebagai negara tetangga.

Di akhir pertemuan kali ini, Anggota IV BPK dan Auditor General JAN Malaysia menandatangani kesepakatan topik-topik kerja sama bilateral selanjutnya yang mencakup Joint Research/Knowledge Sharing on Audit on Good Corporate Governance State Owned Enterprises (SOEs) and Value for Money of Infrastructure Development, Audit on Tourism Management and Development, Audit on SDGs Implementation for Renewable Energy, dan Reporting the Joint Research Project on Government and SAIs Preparedness on Implementation of SDGs pada Pertemuan Teknis ke-20.

Bagikan konten ini: